Rabu 27 Feb 2013 21:32 WIB

Alat Musik Tradisional akan Ditampilkan di Java Jazz 2013

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Logo Java Jazz
Foto: INDONESIA TRAVEL
Logo Java Jazz

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menampilkan sejumlah alat musik tradisional dalam gelaran Jazz tahunan, Java Jazz 2013. Java Jazz tahun ini sendiri akan digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 1-3 Maret.

Alat musik yang ditampilkan tersebut seperti angklung, calung, gitar bambu, biola bambu, terompet bambu, sasando, orgel bambu, rebana, perkusi, serta drum. Selain alat musik, Kemendag juga akan memamerkan produk kreatif seperti tas dan sepatu kulit.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Gusmardi Bustami mengatakan pihaknya telah mendukung Java Jazz selama enam kali. Tahun ini, Kemendag akan menghadirkan panggung yang diisi pertunjukan sejumlah musisi seperti Soul Rebels, Emily Elbert, Tulus, Nino, dan Mellow Motif.

Dia mengatakan Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi besar dalam pengembangan industri kreatif terutama alat musik. Hal itu terbukti dengan tingginya nilai ekspor alat musik Indonesia.

 

Nilai ekspor perangkat alat musik Indonesia pada November 2012 mencapai 508,4 juta dolar AS. Angka tersebut meningkat sebesar 3,91 persen pada bulan yang sama pada 2011 yakni 489,3 juta dolar AS.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement