Senin 25 Feb 2013 21:33 WIB

Komik Jangan Cuma Dikoleksi, Beri Pula Peringkat

Tumpukan koleksi komik (ilustrasi)
Foto: RIT.EDU
Tumpukan koleksi komik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Anda hobi mengoleksi komik dan kini komik-komik tersebut sekadar menumpuk atau terawat? Bila Anda serius mengapa tidak mulai memberi skala kondisi komik Anda.

Pem berian peringkat itu penting. Peringkat ini digunakan untuk menggambarkan kondisi sebuah buku komik. Tidak salah bila anda kemudian mengidentikkan dengan peringkat dalam rapor. Komik dengan peringkat tertinggi, seperti A atau Mint berarti dalam kondisi baik, sementara komik dengan peringkat rendah, seperti nilai F, atau buruk

Jadi mulai periksa apakah sampulnya terlipat atau bahkan sedikit sobek? Ada tulisan atau coret-coret di atasnya, warnanya mulai pudar? Tak hanya itu, kondisi lain harus dipertimbangkan pula ketika anda hendak memeringkat komik Anda. Berikut tips soal peringkat komik menurut Aaron Albert, seorang kolektor serius yang memiliki ribuan komik.

Tipe Pemeringkatan

Saat ini ada dua tipe pemeringkatan yang bisa anda jumpai. Anda bisa mengukur sendiri peringkat kondisi komik Anda atau menggunakan skala pihak lain, seperti yang dikeluarkan perusahaan CGC (Comics Guaranty Company).

Ini adalah bisnis yang akan memeringkat buku komik untuk Anda, tentu saja dengan biaya. Anda bisa mengirimkan komik ke mereka untuk diperiksa dan diperingkat atau mendatangi pameran di mana mereka membuka stand dan mereka akan memberi tahu peringkat kondisi komik Anda. Mereka lalu meletakkan di dalam kantung pelindung dan menyegelnya. Cara ini menawarkan calon pembeli serius dan kolektor kakap untuk memberi opini mengenai kondisi sebenarnya komik tersebut.

Mengapa perlu repot dengan CGC?

Baru-baru ini ada peningkatan harga komik yang telah diperingkat oleh CGC. Pembei memiliki pandangan lebih konkret dan baik mengenai seperti apa seharusny kondisi komik yang masih bagus. Tak hanya itu, pemeringkatan bisa sangat subjektif dan keberadaan CGC serta opini mereka bisa mendongkrak harga buku komik lebih mahal dari harga di sampul, terutama koleksi lawas dalam kondisi yang masih terawat baik.

Apakah setiap buku komik mesti diperingkat oleh CGC?

Jawaban singkatnya tidak, tak semua komik mesti diperingkat. Ingatlah CGC meminta biaya untuk setiap jasa pemeringkatan yang diberikan pada setiap komik.  Lagi pula tak setiap komik cukup berharga untuk diperingkat. Satu hingga lima komik tidak membuat masalah di kantung, tapi bagi mereka yang memiliki koleksi ribuan komik, jelas tidak masuk akal untuk memeringkat mereka satu persatu.

Tipe peringkat kondisi Komik

Bila anda memutuskan  untuk memeringkat koleksi komik cobalah untuk mengikuti urutan istilah peringkat yang Anda pikir bisa merepresentasikan kondisinya. Ini contoh yang digunakan para kolektor komik seperti yang dilansir About.com

Mint

Near Mint

Very Fine

Fine

Very Good

Good

Fair

Poor

Klik halaman itu dan baca seksama gambaran yang dimaksudkan lalu tanyai diri sendiri, "Apakah komik saya lebih baik dari itu atau lebih buruk dari itu". Klik kategori di atas bila komik anda lebih baik dan klik di bawahnya bila lebih buruk. Temukan deskripsi yang paling pas dengan kondisi komik Anda.

Kenali Tipe Peringkat.

Memeringkat buku komik pekerjaan yang sangat subjektif. Komik bisa berarti Mint bagi seseorang tapi tidak bagi orang lain. Ketika membeli komik dengan peringkat, pastikan bahwa kondisinya sesuai dengan pemahaman Anda terhadap istilah tadi.

Ketika menjual buku komik, pastikan pula untuk memeriksa dan mengecek serius kondisi aslinya seperti apa. Bila tidak, anda akan menerima kecaman keras dan komentar negatif dari pengguna lelang online, kehilangan kepercayaan dan yang terparah digugat secara hukum.

Dalam setiap kesempatan, ketika anda tahu persis peringkat sebuah komik, anda akan dilindungi baik sebagai pembeli atau penjual. Anda akan terbantu bila hendak menjual dan juga sebagai pembeli ketika hendak memutuskan mengeluarkan uang dengan bijak. Selain itu juga menyenangkan untuk melihat koleksi komik Anda mengalami peningkatkan nilai.

Begitu Anda memiliki buku komik dengan peringkat bagus apa yang bisa anda lakukan? Ada berbagai hal luar biasa, Anda bisa membeli, menjual, mengelola, melindungi sebagai koleksi kuno dan banyak lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement