Advertisement
Jumat 08 Feb 2013 18:44 WIB

Musik Digital Lebih Digandrungi di Inggris

Ilustrasi
Foto: dolananmusik
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut survey di Inggris, penikmat musik di Inggris Raya kini menyukai musik dalam bentuk digital.

British Phonographic Industry (BPI) menyatakan satu dari lima konsumen (19,6 persen) kini lebih menyukai mengunduh lagu secara legal.

Tahun lalu, 27,7 persen penggemar musik di Inggris mengunduh lagu dari toko digital seperti iTunes dan Amazon, atau mendengarkannya melalui streaming di YouTube atau Spotify.

Kepala Eksekutif BPI, Geoff Taylor, melalui rilis mengatakan telah ada fokus untuk toko-toko yang menjual album fisik.

"Itu akan berlanjut. Kami harus melakukan  semuanya untuk menyenangkan mereka yang menggemari CD dan piringan hitam," katanya, seperti yang dikutip dari BBC.

Lagu dari Gotye yang berjudul "Somebody That I Used To Know" menjadi lagu yang paling diputar secara streaming tahun 2012.

"Call Me Maybe" dari Carly Rae Jepsen berada di bawahnya dan telah ditonton sebanyak 3,7 juta kali di Inggris Raya pada tahun 2012.

Menurut BPI, empat dari lima konsumen setidaknya pernah mendengar salah satu layanan penyedia audio streaming itu.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan sendiri oleh Spotify menunjukkan Edinburgh menjadi kota yang paling banyak menggunakan jasa streaming, diikuti oleh Cardiff dan Southampton.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement