Rabu 06 Feb 2013 19:29 WIB

Pemancing Pemula? Tengok 10 Kiatnya Sebelum Beraksi

Memancing (ilustrasi)
Foto: SCENIC TRACE
Memancing (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,

Anda sedang berpikir untuk mencoba mengayunkan pancing anda pertama kali? Coba dahulu tengok sepuluh kiat yang perlu diketahui pemula ketika mengemas peralatan anda dan menuju ke air untuk mendapatkan ikan.

Demi memastikan anda sukses, anda harus tahu pula perangkat dasar yang harus dibawa. Berikut sepuluh saran yang dibagikan oleh Bleacherreport.com

1. Lakukan riset. Baca, baca dan baca.

Sebelum anda berada di posisi garis depan, baik itu di laut, sungai atau danau, pastikan anda penuhi dengan amunisi pengetahuan. Banyak buku panduan mengenai memancing di luar sana yang bisa anda lahap sebelum anda mendatangi air.

2. Pahami prosedur dasar.

Begitu anda memiliki pengetahuan di kepala anda bisa memulai mempraktikkan skil pra-memancing anda. Akrabkan diri anda dengan aktivitas seperti memasang umpan pada kail pancing, memasang senar dan mengikat simpul sebelum anda menghadapi terjangan angin di atas perahu.

3. Pilih peralatan tepat untuk anda.

Pemula sebaiknya memiliki pancing yang didesain khusus dan sederhana untuk para pemula. Tipe pancing dengan open-faced fishing reels tidak direkomendasikan untuk mereka yang baru saja memulai aktivitas memancing.

4. Umpan,bagian utama saat memancing.

Pahami betul ikan apa yang ingin anda tangkap dan jenis umpan apa yang akan menarik mereka. Ikan berkumis, misal, merespon baik umpan yang dibuat dari daging teman mereka sendiri atau hati ayam, sementara ada jenis ikan yang menyukai serangga seperti belalang. Umpang yang salah bisa berarti perjalanan memancing berlama-lama.

5. Lokasi, lokasi, lokasi

Cari tahu di mana ikan-ikan itu mencari makan atau biasa berkeliaran. Menemukan lokasi itu bisa menjadi modal berharga dalam memancing.

6. Cek Cuaca

Langit cerah namun matahari tertutup awan bisa membuat agenda memancing anda berjalan sukses. Anda bisa memancing dalam kondisi cuaca berbeda namun cuaca seperti tadi terbukti yang terbaik.

7. Kostum untuk keberhasilan.

Sepatu bot itu keharusan. Ingatlah anda akan diminta untuk berada di dekat air, sepatu bot akan menguntungkan ketika anda secara tak terduga harus berjalan di air. Juga pastikan anda mengenakan busana yang siap menghadapi perubahan cuaca.

8. Bawa bekal

Karena ini bakal menjadi perjalanan memancing anda pertama kali, bawa makan siang. Kadang memang benar-benar butuh waktu sebelum umpan anda digigit untuk pertama kali.

9. Antiserangga.

Bila anda berada di area sekitar air itu artinya anda dekat dengan sejumlah serangga dan kutu, terutama nyamuk!  Jadi ingat untuk membawa semprotan atau losion antinyamuk yang bebas gatal.

10. Tiada Anak, tiada cemas.

Bila anda harus memberi perhatian konstan terhadap anak-anak anda, kapan memancingnya? Cobalah untuk tidak membawa mereka ke perjalanan memancing anda yang pertama kali. Demi membawa hadiah ikan kepada mereka, anda harus bekonsentrasi memancing dengan maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement