Rabu 19 Dec 2012 07:26 WIB

Anjing Pun Bisa Jadi Pahlawan (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Heri Ruslan
Anjing Bulldog. (Ilustrasi)
Foto: ihazhoumous.com
Anjing Bulldog. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Banyak sekali manusia yang menjadi pahlawan tanpa pamrih. Di antara sekelompok orang itu, ada juga sekelompok penyelamat tanpa tanda jasa yang terkadang dilupakan.

Mereka adalah mamalia berkaki empat bernama anjing. Anjing juga bisa menjadi pahlawan, khususnya di Amerika Serikat (AS). Apa saja jasa yang bisa mereka lakukan? berikut pemaparannya, dikutip dari VetStreet, Rabu (19/12).

1. Anjing sebagai penyelamat

Anda tentunya masih ingat dengan tragedi Ground Zero, Amerika Serikat (AS) yang terjadi pada 11 September 2001. Sebuah pesawat yang dibajak oleh teroris menabrak Menara Kembar World Trade Center (WTC) di Pentagon.

 

Lebih dari 300 ekor anjing dikerahkan Kepolisian New York untuk membantu tim profesional. Hewan yang dijuluki hewan paling setia itu mendatangi puing-puing Ground Zero. Mereka mencari korban selamat yang mungkin masih tersisa dari tragedi tersebut.

Terlepas dari kapasitas resmi mereka, hewan-hewan tersebut sangat berharga membantu kerja polisi. Mereka merangkak ke celah-celah tumpukan puing gedung untuk membawa pulang jasad korban sipil kepada keluarga mereka.

Seekor anjing bernama 'Trakr' membawa pulang seorang korban berkebangsaan Jerman yang terkubur di bawah sisa-sisa puing Menara Kembar. Anjing lainnya bernama 'Red' menghabiskan 11 hari di Pentagon untuk menemukan korban-korban lain.

Fotografer terkenal, Charlotte Dumas, memberi apresiasi untuk anjing-anjing pemberani itu. Ia meluncurkan sebuah buku, Retireved, yang menyorot 15 hari kegiatan pencarian dan penyelamatan yang dilakukan anjing-anjing tersebut di Ground Zero.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement