Senin 17 Dec 2012 20:42 WIB

Dwiki Darmawan Garap Ensiklopedia Musik Indonesia

Dwiki Darmawan
Dwiki Darmawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Jazz ternama Tanah Air, Dwiki Darmawan, selain disibukkan dengan penyelenggaraan festival jazz juga sedang menggarap ensiklopedia musik Indonesia. Ensiklopedia tersebut diharapkan dapat memperkenalkan musik Indonesia kepada generasi muda. 

"Ensiklopedia ini akan dibuat dalam bentuk aplikasi di telepon pintar. Bentuknya film dokumenter, namun interaktif," ujar Dwiki disela-sela konferensi pers Sabang Jazz Festival, Senin (17/12). Aplikasi itu, lanjut Dwiki, akan diberi nama Negeri Sejuta Bunyi. Di dalamnya akan terdapat berbagai musik asli Indonesia seperti gamelan, sasando, gordang sambilan, dan lainnya.

"Untuk tahap awal baru empat musik. Saya harapkan bisa ada 10 tambahan musik setiap tahunnya," jelas dia. Aplikasi itu diperkirakan akan diluncurkan awal 2013 dan dapat diunduh secara gratis oleh masyarakat. Untuk proyek tersebut, Dwiki menggandeng sejumlah etnomusikolog yang ada di Tanah Air. Di dalam aplikasi itu juga dijelaskan mengenai kegunaan dan fungsi alat musik itu sendiri. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement