Ahad 16 Dec 2012 06:36 WIB

Piano dalam Film "Casablanca" Terjual Rp 5 Miliar

Film Casablanca
Foto: Antara
Film Casablanca

REPUBLIKA.CO.ID, NEWYORK -- Sebuah piano yang digunakan dalam film klasik "Casablanca" terjual 602.500 dolar AS atau sekitar Rp 5,8 miliar. Nila ini sayangnya jauh lebih rendah dari proyeksi sebelumnya yaitu satu juta dolar AS.

Balai lelang sebelumnya menetapkan harga ikon properti film itu antara 800 ribu hingga 1,2 juta dolar AS. Nilai ini merujuk pada penjualan benda-benda memorabilia film pada tahun-tahun sebelumnya. Namun balai lelang tidak menyebutkan pembeli piano properti itu.

Piano itu dimainkan aktor dan penyanyi Dooley Wilson saat menampilkan lagu "As Time Goes By", lagu tema yang dipakai untuk film tersebut. Sotheby's sebelumnya telah menjual piano tersebut kepada seorang kolektor Jepang tahun 1988 dengan harga 154 ribu dolar AS. Ini merupakan harga tertinggi untuk memorabilia properti film saat itu.

Casablanca adalah film berlatar Maroko pada Perang Dunia II yang dirilis pada 1942. Film tentang percintaan ini disutradarai Michael Curtiz serta dibintangi oleh Humphrey Bogart dan Ingrid Bergman. Film ini sangat sukses di zamannya dan memenangkan tiga Academy Awards, yaitu penghargaan untuk gambar terbaik, penulisan terbaik, dan sutradara terbaik.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement