Selasa 04 Dec 2012 12:54 WIB

New York Lelang Surat Orang-orang Terkenal Dunia

John Lennon
John Lennon

REPUBLIKA.CO.ID, NEWYORK -- Ratusan surat yang ditulis tangan oleh lusinan tokoh-tokoh terkenal akan dilelang bulan ini di New York. Di antara surat-surat tersebut adalah surat yang dibuat oleh Marilyn Monroe, John Lennon, Charles Dickens, Sigmund Freud, dan Albert Einstein. 

Surat yang ditulis tangan oleh pelukis Vincent Van Gogh, beberapa bulan sebelum dia meninggal pada Juli 1870, juga akan dilelang. Surat itu mengungkapkan detail penyakit yang dideritanya. "Saya kerap bilang pada diri saya sendiri bahwa saya lebih suka ini semua akan berakhir," tulis Van Gogh kepada dua orang temannya, Tuan dan Ny Ginoux.  Surat ini dihargai antara 200.000 - 300.000 dolar AS.

Surat langka lainnya juga termasuk sebuah surat langka dari Beethoven di mana dia menuliskan Simfoni Kesembilan-nya. Sepuluh surat yang ditulis presiden pertama AS George Washington. Sekitar 1.800 surat dari John Adams yang adalah presiden kedua AS dan surat-surat dari Thomas Jefferson yang juga mantan presiden AS.

Lelang tersebut akan dibuka pada 18 Desember mendatang. Balai lelang Profiles in History menyebutkan, dokumen-dokumen bersejarah yang mencapai 300-an ini menupakan sebagian kecil dari koleksi 3.000 manuskrip yang dimiliki seorang kolektor Amerika. Surat-surat tersebut akan dihargai antara 5 juta sampai dengan 8 juta dolar AS. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement