Jumat 23 Nov 2012 08:56 WIB

Mengapa Laki-laki Suka Diet Diam-diam?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Fernan Rahadi
Lelaki (ilustrasi)
Foto: womansavers
Lelaki (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah survei menemukan satu dari tiga laki-laki tidak akan memberitahu siapapun bahwa mereka sedang melakukan diet. Lalu, apa alasannya?

Peneliti dari lembaga riset internasional Surrey, Dave Briscoe, mengungkapkan beberapa ciri laki-laki yang sedang melakukan diet. Jika dia di kantor, maka laki-laki tersebut akan menerima semua tugas dan pekerjaaan apapun yang diberikan padanya.

"Jika ditawarkan makanan, dia mungkin hanya mengambil sepotong cokelat dan sepotong kue,” kata Briscoe, dikutip dari The Guardian, Jumat (23/11).

Surrey melakukan survei terhadap 600 orang laki-laki yang mempunyai berat badan lebih. Hasilnya, 90 persen dari mereka berniat menurunkan berat badan. Namun, satu dari tiga orang di antara mereka tak memberitahukan sama sekali bagaimana caranya mereka akan melakukan diet.

Tampaknya, kata Briscoe, laki-laki cenderung jenuh dan malu-malu mengakui berat badannya yang berlebih. Oleh karenanya, mereka memilih berdiet diam-diam. Berbeda dengan kaum perempuan yang cenderung tak malu mengakui bahwa dirinya sedang diet.

Phil Mundy, yang sering menulis tentang informasi makanan dan diet, mengatakan banyak pria tak mengakui mereka sedang berdiet karena selama ini diet itu identik dengan kaum perempuan. "Untuk laki-laki usia tertentu, mengakui mereka berdiet sama artinya mengebiri mereka. Itu juga bisa menjadi bahan olok-olokan rekan-rekan mereka," kata Mundy.

Brighton (bukan nama sebenarnya) bangga dengan dirinya karena berhasil menurunkan berat badan dengan berdiet secara rahasia. "Menurut pengalaman saya, perempuan terdengar lebih sederhana jika berbicara soal diet. Mereka lebih masuk akal melakukannya daripada kami (kaum laki-laki)," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement