Selasa 20 Nov 2012 06:26 WIB

Tongkat dan Topi Bowler Charlie Chaplin Dilelang

Rep: Riana Dwi Resky/ Red: Hazliansyah
Charlie Chaplin
Foto: thehindu.com
Charlie Chaplin

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Salah satu tongkat dan topi Bowler Charlie Chaplin, bintang komedi bisu Hollywood dilelang di rumah lelang Bonhams, Amerika Serikat, Ahad (18/11) kemarin. Dalam acara itu, tongkat dan topi Charlie Chaplin berhasil dilelang senilai 62.500 dolar AS.

Spesialis Memorabilia Bonhams, Lucy Carr mengatakan, tidak diketahui berapa jumlah tongkat dan topi Chaplin yang masih ada.

Pelelangan pada Ahad kemarin berasal dari koleksi pribadi, namun masih memiliki koneksi langsung dengan Chaplin, katanya seperti dilansir oleh Reuters, Selasa (20/11).

Karakter Chaplin sebagai "Little Tramp" yang canggung dan kikuk membuatnya terkenal.

Karakter tersebut, menurut legenda Hollywood, diciptakan dengan tidak sengaja saat hujan turun di Keystone Studios. Muncul pertama kali pada 1914 dalam acara "Kid Auto Races at Venice" dan terakhir pada tahun 1936 dalam acara "Modern Times".

Tongkat dan topi Chaplin merupakan sorotan lelang artefak dari budaya populer yang masih dalam perkembangan. Artefak lainnya termasuk surat tulisan tangan John Lennon dan sketsa tanpa busana Yoko Ono.

Ada juga arsip foto Marilyn Monroe, komik strip awal Charles Schulz dan kursi rotan dari Rick's Cafe di film "Casablanca".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement