Kamis 08 Nov 2012 07:48 WIB

Mantan Dosen Psy Puji 'Oppa Gangnam Style'

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Fernan Rahadi
Penyanyi Rap Korea, Psy, saat menampilkan Gangnam Style di Seoul, Korsel.
Foto: AP Photo/Lee Jin-man
Penyanyi Rap Korea, Psy, saat menampilkan Gangnam Style di Seoul, Korsel.

REPUBLIKA.CO.ID, MASSACHUSETTS  --  Rektor Berklee College of Music, Roger J Brown, yang juga mantan dosen Psy memuji kesuksesan mantan mahasiswanya itu. Ia mengungkapkan rahasia sukses lelaki bernama asli Park Jae Sang itu dalam sebuah wawancara di sebuah stasiun televisi.

"Dia (Psy) termasuk mahasiswa yang tak suka belajar di kelas. Dia mempunyai cara lain untuk belajar," kata Brown seperti dikutip dari Soompi, Kamis (8/11).

Pernyataan Brown sesuai dengan pengakuan Psy beberapa waktu lalu bahwa ia hanya masuk kelas kuliah lima kali. Psy mengakui banyak hal yang bisa dipelajari di dalam kelas, namun menurutnya pembelajaran di luar kelas jauh lebih banyak.

Brown mengungkapkan artis asuhan manajemen YG Entertainment itu sering berlatih musik bersama dengan teman-temannya. Misalnya, Psy pernah bertemu dengan musisi Korea, musisi Brasil, dan musisi Mesir.  "Saat itulah Psy mendapatkan ide-ide besar dalam bermusik," ujar Brown.

 

Meskipun Psy sering tak mengerjakan tugas-tugas kuliahnya, kata Brown, namun Psy belajar menjadi artis besar dengan caranya sendiri.

Psy segera merilis albumnya awal tahun depan, sekitar Februari atau Maret 2012. Menurut Kantor Berita Yonhap Korea Selatan, Psy akan merilis albumnya di seluruh negara di dunia. "Akan ada lagu versi Korea dan versi Inggris," kata Psy.

Artis-artis YG Entertainment seperti Psy, BigBang, dan 2NE1 memang dikenal suka menggubah satu lagu ke dalam tiga bahasa yaitu versi Korea, Jepang, dan Inggris. Itulah rahasia sukses mereka merebut pasar internasional.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement