Selasa 09 Oct 2012 10:11 WIB

Istimewanya Candi Muara Jambi

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Hafidz Muftisany
Candi Muara Jambi
Foto: Antara
Candi Muara Jambi

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI-- Candi Muara yang terletak di Kabupaten Muara, Jambi diusulkan oleh pemerintah untuk menjadi salah satu warisan budaya dunia oleh Unesco bersama Toraja.

Candi ini memiliki luas kawasan sekitar 12 kilometer persegi. Candi peninggalan kerajaan Melayu, pertengahan abad 13 ini, menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Jambi.

Kompleks percandian Muara Jambi adalah situs purbakala yang diklaim terluas di Indonesia. Kawasannya membentang dari Barat ke Timur 7,5 kilometer di tepian Sungai Batang Hari.

Menurut Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Wiendu Nurhayati Keistimewaan candi Muara Jambi karena kompleks percandiannya hampir berupa struktur satu kota. Jika dilihat, peninggalan candi Muara Jambi tidak bisa lepas dari lingkungannya. ''Jadi ditampilkan kembali sebagai satu jaringan kota lama,'' ujar Wiendu.

Secara rinci, kompleks candi ini di sebelah barat Sungai Batang Hari dan di sisi Timur sungai masuk wilayah administrasi Desa Muaro Jambi dan Desa Danau Lamo. Sedangkan di bagian barat sungai berada di Desa Kemingking Dalam, Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi.

 

Pada kompleks percandian Muara Jambi terdapat museum situs yang digunakan sebagai tempat menyimpan berbagai temuan purbakala atau situs.

Terdapat pula arca Prajnaparamita, yakni arca dalam wujud dewi. Di kawasan tersebut ada juga candi batu kembar serta kolam telago rajo. Kolam tersebut berukuran 100 x 120 meter yang selalu tergenang air dengan kedalaman tiga meter

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement