Sabtu 29 Sep 2012 06:51 WIB

Lukisan Mona Lisa "Asli" Dipamerkan

Lukisan
Foto: antara
Lukisan "Potret Lisa Gherardini del Giocondo alias Mona Lisa alias La Joconde" yang merupakan tiruan dari lukisan "Mona Lisa" yang terkenal karya Leonardo Da Vinci dari Museum El Prado, Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID,JENEWA -- Yayasan Seni dari Swiss memamerkan sebuah lukisan Mona Lisa yang menurut mereka dibuat langsung Leonardo da Vinci. Hal ini juga dibuktikan oleh sejumlah peneliti AS, spesialis forensik lukisan dan pakar Da Vinci.

Anggota dari tim itu menyatakan lukisan wanita yang terlihat 10 tahun lebih muda dibandingkan lukisan asli lainnya yang sekarang disimpan di Louvre, Paris. "Faktanya sangat luar biasa dan membuktikan keaslian karya tersebut," kata Markus Frey, presiden dari yayasan swasta Mona Lisa. Ia bersikeras tidak ada kepentingan ekonomi di balik lukisan itu.

Sejarawan seni dan anggota tim Stanley Feldman, mengatakan kritikus yang telah menolak berbagai pernyataan tentang keaslian karya Leonardo versi "lebih muda" itu belum pernah melihatnya langsung. "Kami undang mereka ke Jenewa untuk mempelajari langsung," katanya.

Ia berpendapat bahwa karya itu dilukis antara tahun 1503 dan 1.505 di Florence dan tidak selesai.

Direktur Museum -raksaksa Renaissance- Leonardo da Vinci di Italia Tengah dan juga ahli seni terkemuka Alessandro Vezzosi, mengatakan dia telah lama percaya mengenai keberadaan dua Mona Lisa

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement