Senin 24 Sep 2012 18:46 WIB

Serbarahasia, Film Terbaru Star Trek

Rep: gita amanda/ Red: M Irwan Ariefyanto
para
Foto: vibe.com
para

REPUBLIKA.CO.ID,Kesabaran para Trek kie (penggemar film Star Trek) rupanya masih diuji untuk film terbaru Star Trek Into Darkness. Film yang rencananya rilis pada 17 Mei 2013 ini memang masih serbarahasia. Namun, kini sedikit-sedikit bocorannya sudah bisa dikum pulkan dari berbagai sumber.

Jeffrey Jacob “JJ” Abrams masih bertanggung jawab sebagai sutradara untuk film yang diangkat dari serial televisi ciptaan Gene Roddenberry. Ia juga yang duduk di kursi sutradara pada film Star Trek yang rilis pada 2009. Abrams sebelumnya kita kenal lewat karyanya Mission Impossible III, Mission: Impossible-Ghost Protocol, Cloverfield.

JJ pun berhasil menutup rapat mulut semua pemain dalam film sekuel Star Trek. Serial yang pertama kali tayang pada 1966 ini rupanya masih mengundang penasaran.

Salah satu info yang bocor adalah kehadiran aktor Benedict Cumberbatch yang selama ini dikenal dalam serial televisi Sherlock Holmes. Kabarnya, Cumberbatch akan memerankan salah seorang sosok penjahat dalam Star Trek.

Dari situs TrekMovie tertulis, Cumberbatch akan memerankan sosok Khan dalam Star Trek 2013 mendatang. Namun, saat dikonfirmasi mengenai bagaimana sosok Khan yang ia perankan, Cumberbatch tidak berkomentar lebih jauh.  “Saya tak bisa bicara soal peran itu. Yang pasti, sosok Khan ada lah sosok yang ikonis dan menarik,” ucapnya. Cumberbatch hanya menyatakan bahwa skenario film ini ditulis dengan baik. Ia pun menikmati setiap adegan perkelahian.

Kabar lain yang berkembang adalah Cumberbatch justru memerankan tokoh Gary Mitchell dalam sekuel Star Trek tersebut. Rumor ini pertama datang dari komentar yang dilontarkan pemeran Dr Leonard McCoy dalam Star Trek, Karl Urban. Saat ditemui pada launching film terbarunya, Dredd, Urban membocorkan sedikit mengenai film Star Trek Into Darkness yang juga ia bintangi. “Dia mengagumkan. Saya rasa karakter Gary Mitchell versi Cumbercatch akan banyak menuai pujian,” ujar Urban.

Tokoh Gary Mitchell pertama kali muncul dalam episode pertama Star Trek: Original Series berjudul Where No Man Has Gone Before pada 1966. Kala itu, Mitchell diperankan oleh aktor Gary Lockwood. Mitchell pun menjadi karakter penjahat pertama di dunia Star Trek.

Awalnya, Mitchell dikisahkan sebagai teman Kapten Kirk di Starfleet Academy. Kemudian, keduanya menjalani sebuah misi planet asing di mana Mitchell kemudian ditabrak oleh benda asing yang membuatnya menjadi sangat kuat. Namun, kekuatan justru mengubah Mitchell jadi sosok jahat.

Beberapa foto yang beredar luas memperlihatkan Cumberbatch dengan kostum berembelkan Starfleet. Hal ini kontan memperkuat komentar Urban soal sosok penjahat yang diperankan Cumberbatch.

Akan tetapi, di luar berbagai isu mengenai siapakah yang akan dihadapi Kapten Kirk yang kembali diperankan Chris Pine dalam Star Trek, sekuelnya menjanjikan hal baru. Teknologi memungkinkan penonton akan merasa seperti benar-benar berada di pesawat luar angkasa. Co-writer Damon Lindelof mengatakan, JJ akan membuat film sekuel ini terasa lebih nyata dari film sebelumnya. Set lokasi pun dibuat dengan lebih detail dan meyakinkan.

Menurut Lindelof, semua set dalam lokasi akan saling terkoneksi. “Saat mencoba berjalan di set pesawat USS Enterprise, saya merasa benar-benar berada di Starcraft,” ucap Lindelof.

Di film ini, penonton juga akan melihat sisi lain Kapten Kirk. Meski JJ dan Paramount telah memilih judul Star Trek Into Darkness sebagai judul sekuelnya, Chris Pine menampik film ini akan serupa dengan trilogi Batman, Dark Knight. Menurutnya, sekuel Star Trek ini tak akan mengikuti apa yang dibuat Batman. Bahkan, Pine mengatakan, Star Trek 2013 ini justru akan menyelipkan beberapa unsur komedi di dalamnya.

Tak dipungkiri, tim Star Trek Into Darkness banyak terinspirasi dengan kesuksesan Batman di tangan Christoper Nolan. Pihak Paramount bahkan berharap Star Trek Into Darkness dapat mengekor kesuksesan Dark Knight yang mengeruk keuntungan sekitar satu miliar dolar dari seluruh dunia.

Pihak Paramount sebelumnya sempat meminta JJ membuat film tersebut dalam format 3D. Namun, JJ menolak dan memilih membuatnya dalam format 2D dengan menggunakan kamera IMAX. Paramount pun tak kehabisan akal. Pascaproduksi, format IMAX tersebut diubah menjadi format 3D.

Beberapa pemain dalam film masih menggunakan nama lama, seperti Zachary Quinto yang kembali berperan sebagai Spock. Selain itu, ada pula pemain lama, seperti Zoe Saldana sebagai Uhura, John Choo sebagai Hikaru Sulu, Anton Yelchin sebagai Pavel Chekov, dan Simon Pegg sebagai Montgomery Scott.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement