Senin 03 Sep 2012 14:34 WIB

Memilih Aksesori Mutiara, Ini Dia Tipsnya

Rep: Siwi Tri Puji/ Red: Endah Hapsari
Perhiasan mutiara dalam pameran Singapuran International Jewellery Show
Foto: Strait Times
Perhiasan mutiara dalam pameran Singapuran International Jewellery Show

REPUBLIKA.CO.ID, Anggun dan klasik, kesan itulah yang terpancar dari perhiasan mutiara. Selain itu, mutiara juga 'serba cocok' dipadupadankan dengan busana. Dengan gaun atau longdress, misalnya, mutiara seperti berjodoh. Namun dipasangkan dengan business suit pun, mutiara mampu memancarkan rona elegan.

Jika Anda berencana untuk membeli aksesori mutiara, ada baiknya simak dulu beberapa tips berikut ini:

* Putuskan dulu mutiara jenis apa yang anda inginkan: yang asli dengan warna natural (putih khas-red), mutiara berwarna, atau imitasi. Pilihan pertama tidak mudah dijumpai di sembarang toko, selain harganya juga lumayan. Sedang jenis terakhir harganya relatif terjangkau, gampang dijumpai, tapi nilainya rendah.

* Lihatlah ukurannya. Ukuran mutiara berpengaruh pada harganya, semakin besar ukurannya, semakin mahal harganya (untuk mutiara asli). Begitu juga bentuknya: mutiara bulat lebih mahal ketimbang mutiara asimetris atau lonjong persegi.

* Jika ingin mutiara yang Anda kenakan cocok dipadankan dengan seluruh busana yang Anda miliki, maka pilihlah mutiara warna natural, putih. Banyak pilihan warna mutiara saat ini, seperti kuning, hitam, dan abu-abu. Mutiara berwarna eksotis asli dari alam -- umumnya kehitaman -- harganya cukup mahal dan cocok untuk penampilan resmi Anda. Untuk penampilan sehari-hari dan disesuaikan dengan warna baju, Anda bisa memilih mutiara imitasi yang harganya lebih murah.

* Jika untaian mutiara menggunakan logam mulia, pilihlah paduan mutiara dengan emas putih. Penggunaan emas kuning membuat penampilan aksesori secara keseluruhan terkesan 'meriah', jauh dari kesan anggun dan elegan yang diharapkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement