Selasa 28 Aug 2012 17:38 WIB

Genjot Kunjungan, Vredeburg Gelar Pekan Apresiasi Museum

Rep: Yulianingsih/ Red: Chairul Akhmad
Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta.
Foto: yogyakarta.panduanwisata.com
Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta bekerjasama dengan PT Taman Wisata Candi (TWC) menggelar pekan apresiasi museum di Benteng Vredeburg Yogyakarta, 4-8 September 2012 mendatang.

Pekan apresiasi museum itu dilakukan untuk meningkatkan eksistensi museum sendiri dan menggenjot apresiasi dan kunjungan wisata ke museum tersebut.

Agus Sulistya, Ketua Pelaksana Pekan Apresiasi yang juga Koordinator Penyusunan Program Museum Benteng Vredeburg mengatakan, kunjungan wisatawan ke museum benteng setiap tahunnya meningkat signifikan.

Namun kata dia, tingkat apresiasi masyarakat terhadap museum masih kurang. "Selama ini museum hanya dijadikan obyek saja, belum dijadikan subyek. Karenanya dengan pekan apresiasi ini kita ingin museum bisa menjadi subyek," terangnya, Selasa (28/8).

Karenanya, kata dia, pekan apresiasi sendiri akan melibatkan berbagai komunitas yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya. Komunitas tersebut bukan hanya pelajar tetapi juga seniman, sastrawan, industri film dan sebagainya.

Melalui pekan apresiasi ini diharapkan akan muncul industri kreatif di Yogya dengan subyek museum benteng sendiri. "Ini memang baru agenda tentatif, namun ke depan kita akan jadikan agenda tahunan dengan nama Vredeburg Fair dengan tema dan konten yang berbeda," jelas Agus.

Achmad Muchlish, Coorporate Secretary PT TWC mengatakan, dukungan pihaknya terhadap event tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian pihaknya dalam pelestarian Bangunan Cagar Budaya (BCB). Museum sendiri merupakan salah satu BCB di DIY. "Ini upaya kami melalui kegiatan coorporate social responsibility (CSR) agar museum lebih dikenal banyak orang," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement