Selasa 24 Jul 2012 13:22 WIB

Toy Story, Tontonan Wajib untuk Anak-anak?

Toy Story
Foto: atthemovieswithsilver.wordpress.com
Toy Story

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Toy Story berada di urutan teratas.daftar 10 film yang harus ditonton anak berusia 10 tahun ke bawah.

Psikolog anak Dr Kairen Cullen meminta 5.000 orang dewasa untuk menulis 10 film anak yang mereka sukai.

Toy Story berada di urutan teratas karena tidak hanya menghibur, film itu juga mendidik anak untuk melihat bahwa setiap individu berbeda dan memiliki nilai intrinsik.

Film animasi lainnya yaitu Lion King berada di posisi kedua karena dinilai mendidik anak untuk percaya diri dan berani menghadapi tantangan.

"Toy Story tidak hanya menarik dan menghibur anak dengan tokoh-tokohnya yang berwarna-warni, tapi juga mengajarkan anak tentang hubungan interpersonal dan penerimaan terhadap orang yang berasal dari lapisan masyarakat yang berbeda. Tema itu selalu ada hingga kita dewasa," kata Cullen.

Cullen berkata pelajaran tersulit bagi anak bukan pelajaran yang ada di sekolah maupun yang dapat ditemukan di panduan pengasuhan, namun pada hal yang berkaitan dengan emosi dan hubungan. Keduanya merupakan pesan utama dari sebuah film yang baik.

"Untuk itu, penting bagi orang tua untuk memilih film yang yang mendorong perkembangan anak dan pembelajaran pada usia dini. Ketika memilih, film yang terbaik harus memperluas pikiran anak dan menunjukkan pelajaran hidup yang penting dalam cra yang positif dan membangun," tambahnya.

Home Alone menempati posisi ketiga karena mengajarkan pentingnya arti keluarga.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement