Kamis 12 Jul 2012 16:30 WIB

Bob Marley Jadi Nama Parasit Penghisap Darah

Rep: Gita Amanda/ Red: Karta Raharja Ucu
Legenda musik reggae asal Jamaika, Bob Marley, dijadikan nama parasit penghisap darah yang ditemukan di Laut Karibia.
Legenda musik reggae asal Jamaika, Bob Marley, dijadikan nama parasit penghisap darah yang ditemukan di Laut Karibia.

REPUBLIKA.CO.ID, KINGSTON -- Sebuah parasit penghisap darah kecil yang biasa tinggal di tubuh ikan, ditemukan di terumbu karang Laut Karibia. Uniknya, sang penemu memberi nama parasit temuannya 'Gnathia Marleyi', yang diambil dari nama legenda musik reggae asal Jamaika, Bob Marley.

Adalah ahli biologi kelautan Universitas Arkansas Paulus Sikkel yang menemukan parasit tersebut di Virgin Islands, Amerika Serikat (AS) sekitar satu dekade lalu. Namun Sikkel baru memberi temuannya tersebut sebuah nama baru-baru ini.

Parasit tersebut diberi nama Gnathia Marleyi, yang diambil dari nama Bob Marley. Sikkle mangatakan, ia menamai krustasea kecilnya tersebut sebagai wujud rasa hormat dan kagumnya untuk Marley, yang meninggal pada 1981 di AS.

National Science Foundation mengatakan, makhluk itu adalah spesies baru dalam keluarga Gnathiids. Yakni parasit yang umumnya ditemukan di terumbu karang, dan secara ekologis mirip dengan kutu penghisap darah di darat. Parasit tersebut biasanya menghisap tubuh beberapa ikan yang menghuni terumbu di perairan dangkal di timur Karibia.

Selain Marley ada nama selebriti lain yang juga digunakan Sikkel untuk menamai temuan-temuannya. seperti komedian Stephen Colbert dan penyanyi Beyonce pada dua serangga baru temuannya.

sumber : New York Daily News
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement