Kamis 05 Jul 2012 03:30 WIB

Menunggu Django Karya Terbaru Tarantino

Rep: setyanavidita livikacansera/ Red: M Irwan Ariefyanto
Django
Foto: thefilmnest.com
Django

REPUBLIKA.CO.ID, Nama Quentin Tarantino buat para penggemar film identik dengan berbagai film unik, nyentrik, dan agak absurd yang menjadi ciri khas karya-karyanya. Menjadi sutradara sejak 20 tahun lalu, lewat film pertamanya, Reservoir Dogs, Tarantino tetap mampu memberikan sentuhan khas di setiap filmnya, seperti Pulp Fiction, Kill Bill, dan Inglorious Bastards. 

Untuk 2012, satu karya terbaru milik sutradara berusia 49 tahun ini sudah siap masuk dalam daftar film yang patut ditunggu. Django Unchainedyang telah menjadi proyek jangka panjang Tarantino sejak 2007 lalu, akhirnya bisa segera rilis di penghujung tahun. 

Dibintangi banyak nama besar, Django Unchained bercerita tentang Django (Jamie Foxx), seorang petugas penangkap buronan yang mencoba menyelamatkan istrinya, Broom hilda (Kerry Washington) yang sedang ditawan oleh Calvin Candie (Leonardo Di- Caprio). Selain berstatus buron, Django adalah seorang budak kulit hitam yang hidup di kawasan Amerika Selatan. 

Ketika Django akan dilelang untuk dijual, muncullah Dr King Schultz (Cristoph Waltz) yang berniat membebaskannya dari pemiliknya. Kebaikan Schultz bukan tanpa imbalan. Ia bermaksud meminta Django me ne buskan dendamnya pada sekawanan penjahat, The Brittles Brothers. Kebetulan Django adalah salah satu dari sedikit orang yang pernah berpapasan dengan kelompok penjahat ini. 

Sementara itu, terpisah dari suaminya, Broomhilda harus berusaha tegar karena ia dipaksa Candie untuk bekerja di klub malam yang sekaligus banyak menjadi Ajang “tan ding kekuatan” antarpara pria yang bersedia terlibat pertarungan mematikan. Bersama dengan Schultz, Django menemukan hubungan simbiosis mutualisme dan mencoba menata kembali kehidupannya setelah menjadi manusia merdeka. 

Mengambil latar di Amerika pada 1960- an, Django Unchained memang fokus pada Amerika yang masih kental dengan nuansa perbudakan dan rasialisme. Suasana khas western cowboy juga sangat terasa di film yang memang dibuat menjadi semacam sekuel bagi film berjudul Djangoyang populer pada 60-an. 

Pada film Django rilis pada 1967, Django (Franco Nero) diceritakan sebagai pengembara yang selalu membawa peti mati yang berisi aneka rupa senjata. Django membebaskan wanita bernama Maria yang hampir saja dibunuh oleh penjahat sadis bernama Mayor Jackson yang kebetulan juga membunuh istri Django. 

Mengecap sukses pada film pertama, sejak akhir 1960 hingga 1980, muncul sekiranya 30 film yang menjadi ‘sekuel’ film Djangomeski tanpa dibintangi oleh Sang Django asli, Franco Nero. Khusus untuk Django edisi terbaru, Tarantino ternyata diam-diam berhasil membujuk Nero untuk tampil di film garapannya dan berberan sebagai cameo. 

Sebelum dimainkan oleh Jamie Foxx, aktor top Will Smith sempat ramai dikabarkan akan menjadi lawan main DiCaprio dan memerankan Django. Uniknya, seperti dikutip dari If Its Movie beberapa waktu lalu, sebelum akhirnya tokoh Candie dipastikan menjadi milik DiCaprio, sebenarnya Nero adalah kandidat terkuat untuk memerankan tokoh antagonis yang satu ini.  Kalau kita terkesan dengan Kill Billdan Inglorious Bastards, berarti akhir tahun ini “ Django Unchainedbisa menjadi film yang ditunggu untuk mengiringi datangnya tahun baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement