Kamis 31 May 2012 21:12 WIB

Andrea Hirata Soal Sampul 'Rainbow Trops': Mengejutkan dan Dalam

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Sampul novel Laskar Pelangi edisi Amerika Serikat berbahasa Inggris dengan judul--The Rainbow Troops
Foto: www.coroflot.com
Sampul novel Laskar Pelangi edisi Amerika Serikat berbahasa Inggris dengan judul--The Rainbow Troops

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - "Mengejutkan, misterius tak biasa, insanely intelligent. I love it!". Itulah komentar penulis novel "Laskar Pelangi"  Andrea Hirata pada  Republika  Kamis (31/5) ketika melihat cover Laskar Pelangi edisi Amerika telah diumumkan penerbit FSG (Farrar, Straus and Giroux).

Untuk merencanakan sampul depan edisi novel Laskar Pelangi edisi internasional yang diberi judul ''The Rainbow Troops" , tuturnya, harus melalui diskusi panjang. Bahkan para sosiolog dan antropolog kenamaan Amerika Serikat ikut menyaring sampul depan tersebut.

Andrea mengatakan  diskusi mengenai sampul depan itu menjadi panjang karena penerbit FSG menginginkan sampul novel karyanya seperti sampul depan novel-novel karya para pemenang Nobel seperti Pablo Neruda, T.S. Elliot, dan Nadine Gordimer, Seamus Heaney, dan Mario Vargas Llosa yang mendapat nobel sastra tahun 2010

Pembuatan sampul depan novel berbahasa Inggris edisi Amerika Serikat itu, ungkapnya, berlangsung selama empat bulan. "Selama proses pembuatan cover ini saya disuruh mengirim , video, foto. Dua hari lalu saat saya dikirimi cover oleh FSG lewat email dan saya buka sekitar pukul 12 malam, langsung saya suka banget dan sreg. Saya merasa ajaib dan langsung tak bisa tidur,'' akunya.

Dia menilai desain sampul itu melambangkan kedalaman kisah Laskar Pelangi yang disampaikan dari kacamata anak-anak nan lugu. Ia melihat ada pula kedalaman budaya dari tampilannya.. "Sehingga sampul Laskar Pelangi Amerika ini memberi pelajaran berharga bagi saya dan saya lebih memahami filosofi dari sampul depan sebuah novel,''tutur Andrea. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement