Selasa 08 May 2012 07:12 WIB

Jadi Ketua PAPPRI, Tantowi Yahya Perangi Pembajakan

Tantowi Yahya
Tantowi Yahya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi sekaligus anggota DPR RI, Tantowi Yahya, dikukuhkan sebagai Ketua Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) periode 2012-2017.

"Kesediaan saya sungguh didasari oleh niat yang tulus dan perencanaan jangka panjang profesional, agar PAPPRI dapat memainkan perannya bagi seluruh anggotanya yang tersebar di seluruh dunia," kata Tantowi, dalam acara Pengukuhan Pengurus PAPPRI 2012-2017, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (7/5) malam.

Dalam Kongres VI PAPPRI pada Maret 2012 lalu, Tantowi Yahya, terpilih secara aklamasi menjadi ketua PAPPRI menggantikan Dharma Oratmangun.

"PAPPRI diharapkan mampu melindungi musik Indonesia dari pembajakan. Tidak hanya melindungi insan musik, tetapi juga melindungi seniman musik Indonesia," kata Tantowi lagi.

Pada acara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, mengukuhkan pengurus PAPPRI periode 2012-2017. "Saat ini tantangan industri musik Indonesia sangat berat dengan marak grup atau artis musik luar negeri yang tampil di Indonesia. Ini merupakan tantangan bagi PAPPRI untuk mencegah pembajakan dan illegal download," kata Mari.

Menurut Mari, tantangan serupa juga dihadapi industri musik di negara lain, dan hingga saat ini belum ada solusi yang komprehensif untuk mengatasinya.

Selain melakukan pengukuhan pengurus baru, malam itu PAPPRI juga memberikan penghargaan kepada lima orang tokoh musik Indonesia, antara lain A Riyanto, Dharma Oratmangun, Elly Kasim, Franky Sahilatua, dan Rhoma Irama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement