Kamis 19 Apr 2012 12:08 WIB

Muffin Ulat, Cake Belalang, Cokelat Serangga, Mau?

Henk van Gurp
Foto: rnw
Henk van Gurp

REPUBLIKA.CO.ID, Bagaimana cara memasak muffin dari ulat? Hidangan apa yang serasi dengan belalang? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu, juru masak asal Belanda, Henk van Gurp, menulis Insect Cookbook, buku resep serangga pertama di Belanda.

Henk pun tak segan mengungkap cara mengolah belalang untuk jadi camilan. Panaskan sedikit minyak sayur, gorenglah belalang, tambahkan gula dan masak hingga gula menjadi karamel, dinginkan dan celupkan belalang dalam cokelat. Itulah camilan yang bisa disantap pada sore hari. Tapi jangan lupa copot sayapnya dulu, karena bisa nyangkut di gigi.

Atau, berminat membuat muffin ulat tepung? Caranya, buatlah adonan muffin seperti biasa. Sebarkan ulat di loyang dan oven selama 15 menit. Masukkan ulat ke dalam adonan muffin. Tuang adonan ke dalam cupcake dan oven lagi 15 menit hingga kuning kecokelatan.  Hias dengan icing.

Untuk acara peluncuran bukunya, Van Gurp memasak cake belalang terbesar di dunia, muffin ulat dan beberapa cokelat serangga, sehingga publik Belanda dapat mencicipi aneka ragam kuliner masakan serangga.

sumber : RNW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement