Jumat 06 Apr 2012 22:57 WIB

Chrisye Pernah Terobsesi Sophia Latjuba

Penyanyi, Sophia Latjuba (kanan) dengan latar belakang tampilan visual almarhum Chrisye dalam Konser
Foto: Agung SUpriyanto/Republika
Penyanyi, Sophia Latjuba (kanan) dengan latar belakang tampilan visual almarhum Chrisye dalam Konser "Chrisye 2012 Kidung Abadi" di Jakarta, Kamis malam (5/4) lalu.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --   Penyanyi legendaris Indonesia, Chrisye, semasa hidup pernah terobsesi dengan suara Sophia Latjuba. Chrisye tertarik dengan suara aktris, model dan penyanyi itu ketika menonton duet Sophia dengan Indra Lesmana.

Hal itu diungkapkan janda mendiang Chrisye, Damayanti Noor, usai Konser Chrisye 2012 "Kidung Abadi" di Plenary Hall, Jakarta Convention Centre, Kamis (5/4). "Chrisye memang terobsesi dengan suara Sophia. Dia lihat duet Sophia dengan Indra, sejak itu dia terobsesi ingin duet dengannya," ujar Yanti, begitu wanita berjilbab itu akrab disapa, saat jumpa pers usai konser.

Obsesi Chrisye akhirnya terwujud pada albumnya "Dekade" tahun 2002. Chrisye dan Sophia berduet menyanyikan lagu "Kangen" karya Ahmad Dhani.

Dalam album tersebut, Chrisye mendaur ulang lagu-lagu yang dianggap paling penting sejak kemerdekaan Indonesia, dari dasawarsa 1940-an yang diwakili "Keroncong  Pasar Gambir & Stambul Anak Jampang" karya Ismail Marzuki hingga akhir dasawarsa 1990-an yang diwakili lagu "Kangen" karya Ahmad Dhani.

Sophia yang ikut serta dalam Konser "Kidung Abadi" mengatakan "saya percaya jalan hidup seseorang kalau harus ketemu ya ketemu."

Sophia berkisah bahwa lagu-lagu Chrisye merupakan lagu Indonesia pertama yang ia dengarkan saat tinggal di Jerman dan belum bisa berbahasa Indonesia.

Saat pindah ke Indonesia, Sophia mengaku lagu  Chrisye dalam film "Gita Cinta dari SMA" selalu melekat dalam benaknya.

Untuk konser Chrisye yang ke-empat ini, Sophia didaulat untuk duet virtual dengan kemasan teknik holoscreen bersama Chrisye lewat lagu "Setangkai Anggrek Bulan" dan "Kangen". Chrisye seolah-olah ikut bernyanyi di samping Sophia memakai kostum serba putih.

"Ini merupakan konser pertama, bersejarah, dan akan selalu diingat. Jadi saya merasa sangat tersanjung menjadi salah satu penyanyi yang diajak," kata Sophia. Dia mengaku sengaja datang dari Amerika Serikat demi konser karya Erwin Gutawa dan Jay Subiakto itu.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement