Ahad 18 Mar 2012 16:30 WIB

Mama, Aku Lulus....

Cover Buku
Cover Buku "Mama, Aku Lulus...."

REPUBLIKA.CO.ID, “MAMA, cekolah....” Disa berkali-kali merajuk dengan nada yang sama setiap kali melihat anak-anak seusianya dengan seragam SD melintas di depan rumah mereka sambil tertawa dan bercanda.

Itulah sedikit penggalan permintaan Disa, yang ada di novel ini. Atau, simaklah penggalan ini.

“Tak ada yang perlu dimaafkan. Semua telah terjadi. Terus terang aku sangat terluka dengan pukulanmu ke tangan Disa. Sesungguhnya kamu bukan memukul tangan Disa… tapi yang kamu pukul adalah batinku Sam. Dan yang lebih melukai hatiku adalah... kamu seperti tidak pernah mengenal Disa anak kita.” Risma akhirnya bicara dengan wajah tetap menghadap dinding.

“Maaf, tapi bila kamu tidak mampu mengenal Disa, biarlah aku saja yang akan menjaganya. Menjaga jiwanya agar tetap merasa tenteram di tengah-tengah keluarga ini. Memberi hatinya tempat yang aman untuk bisa tumbuh dan merasakan bahagia seperti anak-anak lain...” suara Risma semakin parau oleh isak yang tertahan.

Novel "Mama, Aku Lulus...." ditulis dan diinspirasi oleh kisah nyata seorang anak penyandang autis, Disa, yang sangat ingin bersekolah di sekolah umum seperti anak-anak lainnya. Sementara, kedua orangtuanya juga  sangat menginginkan anaknya bisa bermain, belajar, dan bersekolah dengan mereka. Meski tidak mudah, keinginan dan harapan itu harus diperjuangkan. 

Tidak mudah membesarkan anak dengan kebutuhan khusus seperti Disa. Selain harus berdamai dengan diri mereka sendiri, Sam dan Risma juga harus berdamai dengan orang-orang dan lingkungan sekitar. Mereka ingin Disa dapat menikmati hidup dan sosialisasi di lingkungan kehidupan orang-orang pada umumnya. Kekhususan yang dimilikinya bukan menjadi sebuah penghalang, melainkan pelengkap kehidupan yang sempurna dan inspirasi yang luar biasa bagi lingkungannya.

Kehadirannya memotivasi kepala sekolah, guru, orang tua murid dan rekan-rekan satu kelasnya untuk menjadi orang-orang yang lebih bermakna dan bermanfaat kepada sesama. Sebuah novel yang dipersembahkan bagi anak-anak, remaja dan orang-orang dewasa. Inspiratif!

Disa adalah teman kita semua. Disa adalah anak kita semua. Tuhan yang menganugerahkan Disa untuk hadir dan tumbuh berkembang bersama-sama kita. Ada puluhan, ratusan, bahkan ribuan “Disa-Disa” lain di tengah-tengah kita. Dan ternyata, kitalah yang membutuhkan Disa untuk melengkapi rasa kasih sayang kita.

Judul Buku: Mama, Aku Lulus....

Penulis: Chairul Wisal & Laura Khalida

Ukuran: 20.5 x 13.5 cm

Tebal: xii+190 hal. 

Harga : Rp.40.000,-

Lini Produk: Novel/Kisah Nyata

ISBN : 978-602-8997-46-1

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement