Senin 05 Mar 2012 12:07 WIB

Mengenang Benyamin Suaeb

Rep: meiliani fauziah / Red: M Irwan Ariefyanto
benyamin s
Foto: getglue.com
benyamin s

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Seniman Benyamin Suaeb hari ini dilahirkan ke dunia pada tahun 1939. Tokoh penuh talenta ini dikenal sebagai aktor, musisi, sekaligus pelawak handal. Musik-musik karya Benyamin terdiri dari beragam genre, mulai dari pop, blues, bahkan jazz. Benyamin bahkan pernah berkolaborasi dengan beberapa musisi jazz seperti Jack Lesmana dan Bill Saragih.

Wujud apresiasi terhadap karya Benyamin tertuang pula pada event Java Jazz Festival 2012 yang berakhir tadi malam. Para musisi muda bergantian membawakan lagu-lagu sang legenda dengan aransemen baru yang tentu saja, jazzy. Lirik lagu Benyamin yang sederhana tampil anggun dalam konser "Benyamin on Jazz - Tribute to The Legend" yang berlangsung di Stage 1 Kementrian Pariwisata, JI Expo, Kemayoran.

Komposer sekaligus gitaris, Indra Aryadi mengatakan bahwa semangat dan pemikiran Benyamin harus tetap disebarkan pada masa sekarang. Melalui medio musik, Khrisna Balagita, Indonesia Youth Generation, Demas Narawangsa, dan sederet musisi lainnya mengenang Benyamin dengan caranya masing-masing. Penampilan setiap musisi pun tidak lantas pudar walaupun membawakan lagu-lagu Benyamin yang berkarakter kuat, keseriusan dibalut ekspresi jenaka sekaligus improvisasi yang tepat.

Pada akhirnya sesi ini menjadi ajang kontemplasi untuk para musisi, maupun mereka yang ingin mengenal lebih jauh dengan sang legenda. Tokoh yang tutup usia pada 5 Spetember 1995 akan tetap hidup di hati para penggemarnya. "Hanya ada satu manusia seperti Benyamin. Dia adalah penghibur sejati," ujar Hara,  salah satu penggemar kepada Republika, Senin (05/03).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement