Ahad 04 Mar 2012 16:15 WIB

Aroma Blues Gugun Blues Shelter

Rep: Dyah Ratna Meta Novi/ Red: M Irwan Ariefyanto
gugun blues shelter
Foto: agung supriyanto
gugun blues shelter

REPUBLIKA.CO.ID,Gugun Blues Shelter, adalah band asal Jakarta. Didirikan tahun 2000 dan sempat terpilih menjadi band pembuka Bon Jovi di festival musik Hard Rock Calling di Inggris. Anggota Gugun Blues Shelter antara lain Muhammad Gunawan alias Gugun (vocal dan gitaris), Jonathan Amstrong alias Jono (bass), dan Aditya Wibowo alias Bowie (drum). Mereka mengusung musik blues dan mendapatkan banyak pengaruh dari berbagai musisi seperti Jimi Hendrix, Stevie Ray Vaughn, Bettie Davies, dan Led Zeppelin. Musik blues mereka juga diperkaya sentuhan rock, funk, dan soul.

Gugun Blues Shelter  telah merilis beberapa album diantaranya Get The Bug pada tahun 2004 dan album Turn it On pada tahun 2007. Selain itu Gugun juga disebut sebagai gitaris lokal yang paling bersinar. Pada tahun yang sama beberapa majalah menyebut Gugun sebagai gitaris terbaik di Asia Tenggara. Gugun Blues Shelter tidak hanya menyedot perhatian orang Indonesia, tapi juga fans dari Eropa. Sehingga Gugun Blues Shelter diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara Belfast Big River Blues and Jazz Festival 2008. Mereka juga sempat tur di beberapa kota di Inggris seperti Burnley, Scarborough, dan Crewe.

Pada tahun 2009, Gugun Blues Shelter membuat album berjudul Set My Soul on Fire. Dilanjutkan pada Maret 2010 mereka merilis albumnya yang ketiga berjudul Self titled dengan hit single berjudul When I See You Again. Album yang berisi 9 track lagu tersebut menyabet penghargaan diantaranya Favourite Blues Song dalam Indonesian Cutting Edge Music Awards (ICEMA) 2010.

Kesuksesan terus membayangi Gugun Blues Shelter hingga tahun ini Gugun Blues Shelter membuat album di bawah label Grooveyard Records dari New York dan menghasilkan album kompilasi berjudul Far East Blues Experience. Album tersebut dirilis awal Januari 2011. Dengan Grooveyard Records, Gugun Blues Shelter juga merilis album Solid Ground pada April tahun ini dengan menyajikan 10 lagu baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement