Jumat 02 Mar 2012 19:44 WIB

Duet Maut Trio Dolf de Vries dan Madeline Bell

Rep: aghia khumaesi/ Red: M Irwan Ariefyanto
madelline bell
Foto: allaboutjazz
madelline bell

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Malam ini publik Jakarta akan dipuaskan dengan suguhan berbagai musisi jazz. Salah satu grup jazz kenamaan yang akan tampil adalah Dolf de Vries Trio yang akan disandingkan dan berduet dengan Madeline Bell di hari pertama JAVA JAZZ Festival 2012, yaitu pada Jumat (2/3) malam.

Trio Dolf de Vries di kalangan pecinta musik jazz, dikenal sebagai sebuah grup yang solid dan mampu menghasilkan komposisi musik yang menakjubkan. Band asal Belanda ini dikenal tidak hanya di negaranya, tapi sudah melintas batas banyak negara.

Trio ini dibentuk oleh Dolf de Vries. Ia dikenal sebagai musisi jenius. Ketika berusia 14 tahun, ia membentuk band ini Frank Noya (bass) dan Peter Ypma (drum). Bersama dengan trionya, dia membuat album solo Dolf de Vries Trio pada tahun 1986, berjudul Where’s That Rainy Day, yang dipuji oleh majalah jazz kenamaan, Down Beat. Mereka pun berkolaborasi dengan musisi-musisi terkenal dunia lainnya seperti, Jean Toots Thielemans, Randy Crawford, Suster Sledge, Georgie Fame, London Royal Philharmonic Orchestra, Thijs van Leer (Focus), Madeline Bell, Ernie Watts dan lainnya.

Begitu juga dengan Madeline Bell, dia adalah seorang penyanyi jazz yang cukup terkenal. Bell dikenal mempunyai rentang suara yang lebar. Tahun 70 an, lagu-lagu yang dibawakan oleh dia sempat menjadi hits dan masuk jajaran tangga lagu di Inggris dan beberapa negara di Eropa. Beberapa lagunya yang dikenal termasuk oleh publik Indonesia adalah The Banner Man, Melting Pot, Good Morning Freedom.Bell.

Nama Bell berkibar di dunia musik setelah bergabung di band pop kontemporer Blue Mink. Sebelumnya, Madeline menyanyi solo. Ia pernah berkolaborasi dengan John Paul Jones—yang kemudian menjadi drummer band legendaris Led Zeppelin—di lagu “What Am I Supposed To Do” pada tahun 1968. Ia juga bekerjasama dengan bassis Joe Cocker di lagu “Bye Bye Blackbird” di mana Jimmy Page—yang juga kelak menjadi gitaris Led Zeppelin. Jones juga memproduseri dan merekam album Madeline, berjudul “Comin' Atcha” pada tahun 1973—setelah sebelumnya ia menjadi backing vokal Rod Stewart untuk lagu “Every Picture Tells A Story” tahun 1973.

Pada kisaran tahun 80 an, Bell berkolaborasi dengan sejumlah orkestra dan menghasilkan rekaman-rekaman jazz-klasik. Bell mengandeng The New London Coral in The Young Amadeus, The Young Messiah dan The Young  Verdi. Albumnya lumayan laris.

Bell pernah mendapatkan penghargaan Life Time Achievement Award, dari the Music Heritage Foundation.

Seperti Dolf de Vries Trio, Madeline Bell juga banyak melakukan kolaborasi dengan musisi-musisi dunia terkenal, seperti The Beatles, Elton John, The Rolling Stones, Ray Charles, Joe Cocker, Dionne Warwick, George Michael, Billy Preston dan dengan Dolf de Vries Trio.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement