Kamis 12 Jan 2012 14:58 WIB

Wow..Predator Juga Diet?

Rep: Aghia Khumaesi / Red: Ramdhan Muhaimin
Kumbang
Foto: Australian geographic
Kumbang

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON - Sebuah penelitian yang dipimpin Universitas Exeter dan Oxford yang diterbitkan dalam Proceeding of Royal Society B menyatakan, hewan jenis predator ternyata memilih makanan mereka berdasarkan nilai gizi dan nutrisi (diet), bukan hanya tergantung kandungan kalorinya.

Tim Ilmuwan internasional yang melakukan penelitian dari Universitas Exeter dan Oxford di Inggris, University of Sydney (Australia), Universitas Aarhus (Denmark) dan Massey University (Selandia Baru) berdasarkan penelitian mereka diantaranya, pada Kumbang Tanah, Anchomenus Dorsalis dan lainnya.

Peneliti melakukan penelitian dengan mengumpulkan kumbang betina, dan membagi mereka menjadi dua kelompok di laboratorium. Kelompok Kumbang pertama diberikan makanan kaya akan nutrisi dan lemak. Sementara kelompok lainnya diberikan makanan yang hanya kaya lemak. Hasilnya kelompok pertama menghasilkan telor yang lebih banyak dan sehat, ini membuktikan predator juga melakukan diet yang seimbang.

Dr. Kim Jensen, Peneliti utama dari University of Exter (Kampus Cormwall) mengatakan, menarik untuk melihat bahwa predator juga selektif tentang apa yang mereka makan, atau diet seimbang. "Mereka benar-benar memilih makanan yang memberikan nutrisi dan gizi yang tepat bukan tergantung kalori dan banyaknya makanan," katanya.

sumber : Sciencedaily
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement