Kamis 15 Sep 2011 10:09 WIB

Indro Warkop: Yang Berani Berhenti Merokok, itu Baru Laki-laki

Rep: C23/ Red: Johar Arif
Indro Warkop
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Indro Warkop

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indro Warkop, mantan personel grup lawak Warkop DKI, mengatakan orang yang mau berhenti merokok setelah sekian lama adalah orang yang berani dan pandai. Ia meyakinkan bahwa bukan hal yang sulit untuk berhenti dari rokok, semua tergantung kemauan saja.

"Yang berani berhenti merokok itu baru namanya laki-laki," katanya dengan serius, dalam peringatan Hari Jantung Sedunia 2011, Kamis (15/9), di kantor Yayasan Jantung Indonesia. Ia mengaku pernah menjadi perokok berat selama 29 tahun. Di tahun 1998, ia membulatkan tekad untuk tidak merokok lagi.

"Dulu sempat menggigil selama dua minggu karena tidak merokok, tapi saya meyakinkan bahwa saya tidak akan mati kalau tidak merokok. Kalaupun saya mati itu bukan karena rokok, tapi karena kehendak Tuhan", katanya. "Rokok itu kan buatan manusia, saya kan buatan Tuhan. Saya yakin tidak akan kalah," ungkapnya.

Indro, yang sempat dioperasi jantung enam tahun yang lalu karena 'sisa' rokok dalam tubuhnya, menyesal pernah merokok. "Saya menyesal. Apa coba untungnya merokok. Buang uang, masukin racun ke tubuh," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement