Senin 24 Jan 2011 13:28 WIB

Sosok Saddam Hussein akan Difilmkan

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -Aktor Inggris, Sasha Baron Cohen akan memerankan sosok Saddam Hussein, mendiang Presiden Irak dalam film terbarunya. Keterlibatan Cohen tidak terlepas dari kesuksesan dua film bergenre komedi satir yang dibintanginya, Bruno dan Borat.

"Diktator", demikian judul film yang akan dibintangi Cohen, terinspirasi dari

karya-karya sastra yang dibuat Saddam sebelum dieksekusi AS dan sekutu, 2006 lalu. Adapun karya-karya Saddam yang akan dijadikan rujukan penggarapan film "Diktator" adalah empat novel dan satu puisi yang tidak bertuliskan nama pengarangnya. 

Film tersebut juga terinpirasi dari "Zabibah dan Raja" yang dirilis 2000 silam, yang mengisahkan romansa dibalut dengan latar belakang invasi AS terhadap Irak. Tokoh sentral film itu adalah seorang perempuan bernama Zabibah.

"Film "Diktator' mengisahkan cerita heroik seorang dikaktor yang mempertaruhkan dirinya bahwa demokrasi tidakkan merasuki negara yang ia cintai," papar juru bicara Paramount, seperti dikutip Al Arabiya, Ahad (23/1).

Diktator akan ditangani oleh Larry Charles, sosok yang juga menggarap film yang dibintangi Cohen, Bruno dan Borat. Rencananya, film ini dirilis 11 Mei 2012.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement