Sabtu 25 Dec 2010 06:11 WIB

Dik DoanK: Didiklah Anak Bersahabat dengan Alam

Dik Doank
Dik Doank

REPUBLIKA.CO.ID,GIANYAR--Dik Doank, artis sekaligus pemilik Sekolah Kandank Jurank Doank, menyarankan agar anak-anak dapat dididik untuk bersahabat dengan alam, karena alam merupakan tempat tinggal yang sudah ada sejak manusia lahir. "Alam sebagai tempat kita tinggal, sudah ada jauh sebelum kita lahir, sehingga wajib bagi kita untuk mengenal dan menghormatinya," kata Dik DoanK pada sarasehan pendidikan anak usia dini (PAUD) di Balai Budaya Gianyar, Bali, Jumat.

Dalam sarasehan bertemakan mendidik anak dengan hati bersama alam itu, artis pencinta alam itu mengatakan, proses perkembangan dan belajar anak tidak bisa dibatasi oleh ruang-ruang, namun tempat yang paling penting adalah berada pada habitatnya, yakni alam. "Untuk itu, sebagai orang tua harus mengajarkan anak untuk mengenal dan belajar kepada alam," ujarnya menjelaskan.

Ia mengatakan, kurikulum pendidikan di sekolah-sekolah seharusnya disesuaikan dengan potensi dan kebutuhan daerah. "Sebagai contoh di daeah pesisir, kurikulum pendidikan seharusnya difokuskan pada cara pembudidayaan dan pengelolaan hasil laut," ucapnya.

Dikatakan, anak usia 0-6 tahun adalah masa bermain, dan usia 7-14 tahun adalah masa belajar. Sedangkan usia 14-21 adalah masa mencari sahabat atau berteman. "Pada usia mencari sahabat itu, orang tua harus bisa memposisikan diri sebagai orang tua, sahabat dan kekasih pada tiap tahap perkembangan itu," katanya.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement