Rabu 15 Dec 2010 22:27 WIB

'The King's Speech' Pimpin Nominasi Golden Globe

Rep: Mohammad Akbar/ Red: Djibril Muhammad
golden globe
golden globe

REPUBLIKA.CO.ID, Film asal Inggris 'The King's Speech' memimpin daftar nominasi penghargaan bergengsi Golden Globe yang diumumkan pada Selasa (14/12) kemarin waktu setempat. Film ini berhasil meraih tujuh nominasi, termasuk di dalamnya sebagai kategori film drama terbaik.

Menempel ketat 'The King's Speech' adalah 'The Fighter' serta film tentang pembuat Facebook, 'The Social Network', yang juga masuk ke dalam daftar nominasi film drama terbaik.

Lalu meraih empat nominasi pada sejumlah kategori utama lainnya adalah 'Inception' dan 'The Black Swan'. Sementara dari kategori film komedi terbaik atau film musikal terbaik bercokol di dalamnya 'The Kids Are All Right', 'Alice in Wonderland', 'Burlesque', 'The Tourist' dan 'Red.'

Ajang Golden Globe ini merupakan gelaran buat insan perfilman dunia yang diselenggarakan oleh Hollywood Foreign Press Association (HFPA). Ajang ini sudah menjelma sebagai salah satu penghargaan film utama jelang pengumuman Oscar yang diselenggarakan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

Philip Berk, presiden dari HFPA, menyebutkan para nominee yang masuk ke dalam daftar tahun ini memiliki racikan yang luar biasa dari setiap filmnya. "Apa yang tersaji dalam daftar nominasi tahun ini sungguh luar biasa. Begitu banyak hal yang kuat," katanya.

Dari deretan daftar nominasi, Jesse Eisenberg -- yang berperan sebagai pendiri laman Facebook, Mark Zuckerberg, di dalam film 'Social Network' -- masuk ke dalam persaingan kategori aktor film drama terbaik. Eisenberg bakal bersaing dengan Colin Firth yang bermain apik sebagai Raja George VI di film 'King's Speech'.

Dua pesaing sineas muda tersebut akan bersaing pula dengan James Franco yang bermain di film '127 Hours', Ryan Gosling ('Blue Valentine') dan Mark Wahlberg ('The Fighter').

Lalu dari daftar aktris film drama terbaik adalah Halle Berry yang bermain di film 'Frankie and Alice', Nicole Kidman ('Rabbit Hole'), Jennifer Lawrence ('Winter's Bone'), Natalie Portman ('Black Swan') serta Michelle Williams ('Blue Valentine').

Sedangkan dari daftar nominasi sutradara terbaik, bercokol di dalamnya David O Russel yang menggarap film 'The Fighter' serta David Fincher (Social Network) menjadi dua pesaing utama.

Sementara aktor senior Johnny Depp yang bermain di dalam film 'Alice in Wonderland' serta 'The Tourist' mendapatkan pula nominasi untuk aktor film komedi atau musikal terbaik. Untuk kategori ini Depp bersaing dengan Paul Giamatti ('Barney's Version'), Jake Gyllenhaal ('Love and Other Drugs'), dan Kevin Spacey ('Casino Jack').

Untuk nominasi aktris terbaik pada film musikal atau komedi terbaik diberikan kepada Annette Benning yang tampil sebagai seorang ibu dengan disorientasi seksual yang tak lazim di film 'The Kids Are All Right'. Ia akan menjadi pesaing Julianne Moore, Anne Hathaway ('Love and Other Drugs'), Angelina Jolie ('The Tourist') serta Emma Stone ('Easy A').

Selanjutnya dari daftar nominasi film berbahasa asing terbaik terdapat 'Biutiful' yang berasal dari Meksiko dan Spanyol, 'The Concert' (Prancis), 'The Edge' (Rusia), 'I Am Love' (Italia) serta film dari Denmark berjudul 'In a Better World'.

Pada penyelenggaraan Golden Globe Awards ke-68 ini, rencananya akan diberikan pula sebuah penghargaan khusus Cecil B DeMille Awards sebagai penghargaan pencapaian seumur hidup yang akan diberikan kepada aktor Robert De Niro.

Ajang ini rencananya akan menggelar malam puncaknya di Beverly Hilton Hotel, Los Angeles, pada 16 Januari mendatang. Penayangan acara puncak dari perhelatan ini nantinya akan ditayangkan juga secara langsung di lebih 160 negara. 

The King's Speech - 7

The Fighter - 6

The Social Network - 6

Black Swan - 4

Inception - 4

The Kids Are All Right - 4127 Hours - 3

Alice In Wonderland - 3

Burlesque - 3

The Tourist - 3

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement