Jumat 10 Dec 2010 09:08 WIB

Iwan Fals: Jadikan Pohon Sebagai Mas Kawin

Rep: Mansyur Faqih/ Red: Krisman Purwoko
Iwan Fals
Iwan Fals

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Iwan Fals terus menggulirkan kampanye tanam pohon dan peduli lingkungan. Bahkan, untuk mendorong masyarakat untuk menanam pohon, Iwan menyarankan untuk menjadikan pohon sebagai mas kawin bagi mereka yang ingin menikah.

''Bayangkan setelah tujuh tahun ketika anaknya sudah SD, pohon yang ditanam sudah ada hasilnya,'' ujarnya di sela acara penanaman 11.500 pohon trembesi bersama PT Djarum dan Korem 061 Surya Kencana Bogor, di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (9/12).

Menurutnya, semangat menanam pohon harus terus digalakan. Bahkan, ia mengutip ucapan orang tuanya yang mengatakan, kalau besok kiamat, menanam pohon tetap tidak boleh ditunda. ''Ratusan tahun lalu orang asing datang ke sini untuk mengambil pohon kita. Masa sekarang kita tidak menjaga pohon yang kita miliki,'' tambahnya.

Ia mengaku, selalu aktif dalam kegiatan penanaman pohon. Bersama OI, ia telah menanam lebih kurang 14 ribu pohon. Sebelumnya, bersama Djarum dan Korem 061 Surya Kencana Bogor, ia telah melakukan penanaman 37.500 pohon trembesi di Pondok Pesantren Darul Uulum, Lido, Bogor, Jawa Barat.

Selain menanam, tantangan lain adalah bagaimana memelihara dan merawat pohon. Musisi yang bernama lengkap Virgiawan Listanto ini mengatakan, merawat pohon memerlukan kesabaran. ''Merawat pohon layaknya memelihara mahluk hidup. Makanya, kita harus sabar dan tekun. Apalagi menanam pohon bagi saya layaknya ritual upacara bagi saya. Seperti saat ini saja, banyak orang penting yang datang dan sebelum menanam diawali dengan doa dulu,'' pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement