Sabtu 07 Aug 2010 05:03 WIB

Studi: Memiliki Saudara Adalah Anugerah!

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Ilustrasi
Foto: CORBIS
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Bersyukurlah bagi anda yang memiliki kakak kandung perempuan atau laki-laki karena berpengaruh besar terhadap kesehatan seseorang. Demikian laporan singkat hasil penelitian seperti dikutip dari Madeformum.com, Jum'at, (6/8).

Laporan penelitian itu menyebutkan tumbuh kembang bersama saudara kandung terutama saudara perempuan dapat menghindarkan sebuah keluarga dari perasaan sepi, bersalah dan takut.

Tim riset dari University of Utah juga mengungkap--sekalipun kesimpulan itu bakal mendapat penolakan dari anak-anak kecil--kakak perempuan membuat seseorang menjadi lebih percaya diri dan pandai dalam menanggulangi ketakutan.

Memiliki saudara laki-laki pun berefek sama. Hasil kuat itu terlihat keluarga yang memiliki saudara kandung terutama perempuan. Survei yang dilakukan terhadap 400 keluarga AS mencatat  keberadaan kakak perempuan bepengaruh positif pada keterikatan hubungan sekalipun terpaut perbedaan usia

"Saudara kandung memiliki peran yang sama bahkan lebih ketimbang orang tua dalam mengajarkan sikap yang baik dan murah kepada orang lain," ungkap pemimpin riset,Dr. Laura Padilla Walker.

Menurut dia, meski antar saudar kerap terjadi perselisihan atau saling mengganggu, kondisi itu memiliki pengaruh positif. Pengaruh itu tercermin dengan kemampuan anak untuk berinisiatif memperbaiki hubungan. Sebuah keterampilan yang sangat berguna dikemudian hari. Memiliki saudara memang sebuah berkah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement