Selasa 07 Feb 2023 09:46 WIB

Begini Cara Memasak Nasi agar Matang Sempurna

Pati yang tertinggal di bulir beras akan membuat beras tersumbat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Cara memasak nasi agar tingkat kematangannya sempurna. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Cara memasak nasi agar tingkat kematangannya sempurna. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian orang, menanak nasi hingga memiliki tingkat kematangan sempurna bukan hal yang mudah. Ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan sehingga nasi kurang matang, butirannya masih keras atau lembek dan basah.

Namun jangan khawatir, seorang chef profesional dari India, Manisha Bharadwaj, membagikan cara mudah untuk menanak nasi yang matang sempurna. Tampil dalam sebuah episode "Inside the Factory" di BBC, sang ahli memberikan tutorial memasak nasi kepada pembawa acara Cherry Healy.

Baca Juga

Manisha menjelaskan, prosesnya menggunakan metode menanak nasi (absorption method). Metode ini memungkinkan nasi matang dengan menyerap cairan yang merebusnya. Untuk lebih jelasnya, berikut uraian dari Manisha seperti dilansir Daily Record, Selasa (7/2/2023):

1. Ikuti aturan 1:2

Untuk memastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak air, ikuti aturan 1:2, yaitu perbandingan satu porsi nasi dengan dua kali lipat air. "Saya memasak nasi dengan metode menanak. Satu takaran beras dan dua kali lipat jumlah air menurut volumenya. itu sangat penting,” kata Manisha.

Menurut dia, metode ini membuat proses memasak menjadi lebih mudah. Sebelum memasak, jangan lupa untuk mencuci beras.

2. Bilas beras dengan saringan

"Mari kita mulai dengan mencuci beras karena masih ada sedikit pati yang terlepas," kata Manisha.

Menurut dia, pati yang tertinggal di bulir beras akan membuat beras tersumbat. Karenanya, bilas dengan baik hingga airnya jernih. Biasanya proses ini bisa memakan waktu beberapa menit.

3. Gunakan panci yang tepat

Manisha mengingatkan, untuk memilih panci yang memiliki dasar yang tebal dan memiliki tutup yang rapat. “Anda harus mengunci uapnya, karena itulah yang akan membuat nasi menjadi matang,” kata dia.

“Ketika nasinya sudah mulai mendidih, saya akan mengaduknya. Lalu saya akan mengecilkan api dan menutup panci,” kata dia.

4. Jangan diganggu

"Anda tidak boleh terlalu sering membuka tutup pancinya. Biarkan saja ia melakukan tugasnya," kata Manisha.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement