Senin 30 Jan 2023 19:18 WIB

Hindari Lakukan Ini pada Rambut Jika Ingin Terlihat 10 Tahun Lebih Muda

Beberapa kesalahan umum dapat membuat orang terlihat lebih tua hingga "10 tahun".

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Hal yang harus dihindari pada rambut agar terlihat 10 tahun lebih muda. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Hal yang harus dihindari pada rambut agar terlihat 10 tahun lebih muda. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gaya rambut ternyata bisa membuat orang terlihat lebih tua hingga 10 tahun. Sebaliknya potongan, warna, dan gaya rambut seseorang bisa sangat membantu menciptakan tampilan yang lebih kontemporer dan awet muda.

Penata rambut sekaligus rias Dana Tate berbagi tips dan trik gaya rambut di halaman TikToknya @thedanatate. Dalam video baru-baru ini, dia mengungkapkan bahwa beberapa kesalahan umum dapat membuat orang terlihat lebih tua hingga "10 tahun".

Baca Juga

Sementara itu, sejumlah perubahan sederhana dapat membuat seseorang lebih awet muda. “Berhentilah melakukan hal-hal tertentu dengan rambut Anda jika ingin terlihat lebih muda," kata dia, seperti dikutip dari Express, Senin (30/1/2023):

1. Mengecat rambut dengan warna gelap

Meski menutupi uban dengan pewarna rambut mungkin tampak seperti cara terbaik untuk menciptakan tampilan yang lebih muda, namun memilih warna yang salah justru bisa merugikan.

"Warna rambut yang terlalu gelap untukmu tidak akan membantu," kata Dana.

Bahkan jika seseorang menyukai rambut hitam, cobalah beberapa highlight yang membingkai wajah untuk mencerahkan sekitar wajah dan membuat terlihat setidaknya 10 tahun lebih muda.

2. Poni terlalu pendek

Selain warna rambut, gaya yang dipilih juga bisa membantu menciptakan tampilan yang lebih muda. Karena itu, Dana merekomendasikan agar tidak perlu memotong poni terlalu pendek.

Memotong poni menjadi sangat pendek mungkin jadi pilihan gaya yang berani, tetapi itu tidak cocok untuk semua orang. Sebelum melakukan pemotongan, ada baiknya mempertimbangkan bentuk poni seperti apa yang paling cocok untuk diri sendiri.

Bentuk wajah dapat membantu menentukan panjang poni yang tepat, namun, preferensi pribadi juga merupakan kuncinya. Jika tidak suka rambut tipis masuk ke mata, maka mungkin lebih baik memiliki potongan pinggiran alis atau tepat di atas.

3. Jangan terlalu banyak hairspray

Memilih potongan rambut yang membutuhkan banyak hairspray mungkin juga memiliki efek penuaan. Dana menyebutkan semua hairspray bisa memberikan perlindungan untuk rambut, tapi juga dapat membuat terlihat lebih tua.

Alih-alih memakai hairspray, ada baiknya membuat potongan rambut lebih merata. Hal itu seperti melakukan hair dusting atau teknik pemotongan rambut yang membantu menghilangkan ujung bercabang tanpa mengganggu panjang rambut.

Tiga gaya rambut yang sedang tren pada 2023

Bob

Bob adalah potongan rambut klasik yang akan menjadi tren di tahun 2023. Sam Burnett, penata rambut dan pemilik Hare and Bone, mengatakan gaya bob bisa menjadi pilihan yang menyesuaikan dengan panjang tulang pipi dan garis rahang.

Panjang ikal

Penata rambut selebriti Jay Birmingham, yang telah bekerja dengan bintang-bintang selebriti, termasuk Khloe Kardashian, Amanda Holden, dan Rochelle Humes, mengatakan gaya populer selama tahun 2022, seperti rambut panjang yang menambah volume dan sedikit ikal.

Lapisan berombak

Dengan kembalinya pada 2000-an, lapisan berombak yang umum pada zaman itu juga kemungkinan besar akan kembali jadi teen. Stylist Sam Burnett mengatakan, jika merasa sebagai tipe yang tidak terlalu berani, maka dapat memilih lapisan pernyataan pinggiran atau bingkai wajah.

"Pertimbangkan poni berombak yang menonjolkan mata dan tulang pipi,” kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement