Rabu 07 Jul 2021 17:55 WIB

Tomat Kaya Antioksidan dan Resep Mengolahnya tanpa Dimasak

Tomat mentah adalah sumber likopen, antioksidan, dan juga sumber vitamin C.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah
Tomat mentah adalah sumber likopen, antioksidan, dan juga sumber vitamin C.
Foto: Boldsky
Tomat mentah adalah sumber likopen, antioksidan, dan juga sumber vitamin C.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tomat adalah makanan musim panas yang cukup baik. Pasalnya, kandungan gizi tomat sangat penting bagi tubuh.

"Tomat mentah adalah sumber likopen, antioksidan, dan juga sumber vitamin C, potasium, dan folat yang baik," kata Lauren Manganiello, ahli diet terdaftar dan ahli gizi olahraga di Long Island, New York.

Baca Juga

Meskipun memasak tomat memang meningkatkan kandungan likopennya, tetapi mendapatkan cukup likopen dari tomat mentah bisa membuat kandungannya lebih kaya. Terlebih, bila ingin meningkatkan asupan antioksidan, maka tambahkan sedikit minyak zaitun.  

"Mengkonsumsi tomat segar dengan sumber lemak, seperti minyak zaitun, adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penyerapan likopen," kata Manganiello, dilansir di CNN Health, Rabu (7/7).

Mengonsumsi tomat bahkan tidak perlu harus memasaknya terlebih dahulu. Berikut beberapa resep tomat cepat saji tanpa dimasak.

1. Salad dan sandwich

Hampir semua bagian tomat bisa menjadi salad atau sandwich, yang menjadikannya kombinasi potensial tidak terbatas. Dan tidak ada yang menunjukkan itu lebih baik daripada sandwich tomat. Untuk membuatnya, biasanya hanya diperlukan tomat, mayones dan potongan beef ham.

Selain itu, Anda bisa menambahkan keju krim, irisan telur rebus atau alpukat.  Bisa juga dicampurkan dengan cherry pepper atau acar bawang.

Demikian pula, tomat juga bisa menjadi pelengkap salad buah. Iris buah persik atau semangka segar dengan tomat, mozzarella, dan basil di piring salad Anda.

2. Saus dan olesan

Tomat bisa dijadikan sebagai saus untuk pasta. Cobalah dengan pasta berbahan dasar buncis atau gandum utuh.

Saus pesto tampaknya identik dengan daun basil, tetapi tomat juga bisa masuk ke saus ini. Pesto tomat atau pesto alla Trapanese, adalah resep tradisional Sisilia yang menyatu dengan cepat dalam food processor. Anda bisa gunakan pesto tomat dalam salad pasta.

3. Dipanggang

Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memanggang tomat. Tetapi jika Anda ingin makanan panas di hari yang panas, hidangan panggang dengan tomat dapat membuat ketagihan.

 

Menggunakan aluminimum foil mungkin merupakan cara termudah untuk memanggang. Tempatkan fillet salmon di atas selembar foil dengan dilumuri minyak zaitun dan isi dengan tomat ceri yang dibelah dua dan rempah-rempah seperti rosemary, dill, atau daun ketumbar.

Metode ini sangat serbaguna, jadi jika Anda menginginkan makanan laut lainnya, seperti udang atau kerang, atau lebih banyak sayuran musim panas, Anda dapat menyesuaikannya dengan selera setiap anggota keluarga.

 

Jika hanya keripik dan salsa yang Anda inginkan, buat salsa buatan sendiri dengan membakar tomat utuh, paprika, dan bawang bombay di atas panggangan. Beberapa menit sudah cukup untuk melepuh kulit tomat dan meningkatkan rasa campuran.

4. Dibuat jus atau air tomat

Akhirnya, jika Anda memiliki panen tomat yang melimpah dan sedikit waktu di tangan Anda, jus adalah pilihan yang tepat.

Air tomat adalah cairan yang disaring perlahan dari tomat, dan ini adalah cara mudah untuk membuat minuman yang luar biasa.

Lapisi saringan logam dengan handuk karung tepung atau kain tipis, lalu letakkan di atas mangkuk yang dalam.  Potong tomat dan taburi dengan garam, lalu tuangkan ke dalam handuk dan dinginkan setidaknya selama delapan hingga 24 jam.

Yang tersisa setelah istirahat semalam adalah air tomat, yang dapat digunakan dalam campuran minuman lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement