REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laporan YouGov Indonesia Media Consumption Report 2025 yang diluncurkan lembaga riset YouGov Indonesia mencatat YouTube dan Instagram merupakan platform media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. YouTube digunakan oleh 81 persen pengguna media sosial di Indonesia, sedangkan Instagram digunakan sebanyak 74 persen pengguna.
Dalam diskusi daring, General Manager YouGov Indonesia Edward Hutasoit memaparkan kedua media sosial tersebut banyak digunakan oleh Gen Z dan generasi yang lebih tua (milenial, Gen X, baby boomers).
"YouTube secara umum nomor satu (paling banyak digunakan) di mana ada 81 persen dari pengguna media sosial yang menggunakan YouTube. Gen Z juga menggunakan YouTube pastinya, tapi lebih kecenderungan atau lebih populer di antara generasi lebih tua. Instagram adalah platform yang terbanyak digunakan kedua," kata Edward, Kamis (28/8/2025).
Edward menjelaskan, kedua platform tersebut cenderung lebih banyak digunakan oleh generasi yang lebih tua. Pengguna YouTube dari kelompok generasi lebih tua mencapai persentase 84 persen, sedangkan pada Gen Z sebesar 78 persen.
Sementara itu, persentase pengguna Instagram dari kalangan generasi lebih tua tercatat sebesar 75 persen, sedikit lebih banyak dibanding Gen Z yakni 73 persen.
Sebaliknya, Gen Z lebih dominan menggunakan X dan Pinterest dibandingkan generasi lebih tua. Survei YouGov menunjukkan 44 persen Gen Z menggunakan X, lebih tinggi dibandingkan hanya 30 persen di kalangan generasi lebih tua.
Tren serupa terlihat pada Pinterest, yang digunakan oleh 33 persen Gen Z, lebih dari dua kali lipat dibanding generasi lebih tua yang hanya 16 persen.
Lihat postingan ini di Instagram