Rabu 11 Sep 2024 15:04 WIB

YouTuber Winson Reynaldi Dikecam karena Parodikan Paus Fransiskus, Akhirnya Minta Maaf

Dalam sebuah video, Winson Reynaldi memparodikan Paus di kursi roda.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Youtuber Winson Reynaldi. Winson dikecam karena memparodikan Paus Fransiskus.
Foto: Dok. Winson Reynaldi.
Youtuber Winson Reynaldi. Winson dikecam karena memparodikan Paus Fransiskus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – YouTuber Winson Reynaldi mendapat kecaman publik setelah memparodikan Paus Fransiskus dalam sebuah konten video. Dalam video yang viral di media sosial (medsos), Winson terlihat mengenakan cassock atau jubah panjang berwarna putih yang ditambahkan ornamen salib di bagian dada, serta memakai zucchetto berwarna putih seperti milik Paus.

Winson memparodikan bagaimana Paus keluar dari mobil, menggunakan kursi roda, dan bersikap seolah memberikan berkat kepada seseorang yang menghampirinya. Di tengah video, terlihat juga seseorang berpura-pura menjadi iblis dan menghampiri Winson. Setelah itu, Winson pun berakting seolah menghabisi iblis itu.

Baca Juga

Video berdurasi 32 detik itu pun mendapat kecaman dari warganet. Winson juga dinilai sudah keterlaluan karena menjadikan Paus Fransiskus sebagai bahan guyonan dan parodi di media sosial.

“Aduh Winson Reynaldi, kali ini lu kena sih Winson,” kata seorang pengguna X, @dotre***, sambil membagikan ulang video parodi yang dibuat Winson.

Warganet lain juga menilai bahwa memparodikan tokoh agama seperti yang dilakukan Winson termasuk pada penghinaan. “Gue Muslim tapi enggak suka ada tokoh agama lain diparodikan macam begitu. Sama aja itu penghinaan, keterbatasan fisik jangan jadi bahan bullyan,” kata akun @tetur** dalam cicitan di X.

“Di Indonesia adab kemanusiaan sudah kalah sama konten, popularitas, adsense. Miris sih ini udah kelewatan,” kata pengguna X lainnya.

Setelah mendapat kecaman dari publik, Winson kemudian mengunggah sebuah foto di Instagramnya dan menyampaikan permintaan maaf karena telah memparodikan Paus Fransiskus. “Saya minta maaf,” kata Winson dalam caption unggahannya seperti dikutip Rabu (11/9/2024).

Ini bukan kali pertama Winson dinilai membuat kegaduhan. Sebelumnya Winson pernah menghina Ahmad Dhani dan Maia Estianty, yang membuat El Rumi murka.

Kejadian itu kemudian menjadi pemicu digelarnya pertandingan tinju antara El Rumi dan Winson. Dalam pertandingan tinju yang digelar di Hollywings pada 12 Juni 2022, El Rumi berhasil mengalahkan Winson Reynaldi.

Winson juga pernah terlibat masalah dengan YouTuber lainnya yaitu Atta Halilintar. Kala itu, Winson menyebut bahwa Atta meminta liburan gratis untuk keluarganya. Winson bahkan mengajak suami dari Aurel Hermansyah itu untuk bertarung tinju.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement