Selasa 10 Sep 2024 22:13 WIB

Selain iPhone 16, Apple Rilis Airpods 4 dan Apple Watch Seri 10

Ada beberapa produk yang diluncurkan raksasa teknologi Apple selain iPhone 16.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Tampilan model iPhone 16 Apple yang baru di acara peluncuran produk Glowtime Apple di kampus Apple Park di Cupertino, California, AS, Senin (9/9/2024). Perusahaan tersebut memperkenalkan model iPhone baru, Apple Watch Seri 10 baru, serta AirPods baru.
Foto: Dok. EPA-EFE/PETER DASILVA
Tampilan model iPhone 16 Apple yang baru di acara peluncuran produk Glowtime Apple di kampus Apple Park di Cupertino, California, AS, Senin (9/9/2024). Perusahaan tersebut memperkenalkan model iPhone baru, Apple Watch Seri 10 baru, serta AirPods baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple meluncurkan jajaran produk terbarunya yang mengusung kecerdasan buatan (AI) sebagai fokus utama. Dalam acara peluncuran di California AS, Senin (9/9/2024) waktu setempat, Apple memperkenalkan seri iPhone 16, Apple Watch Series 10, AirPods 4, serta mengumumkan penambahan fitur AI yang akan tersedia bulan depan di perangkat-perangkat ini.

Berikut adalah rangkuman produk-produk yang diluncurkan raksasa teknologi Apple pada acara tersebut seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (10/9/2024):

Baca Juga

Lini iPhone 16

IPhone 16 yang diperkenalkan dengan harga mulai dari 799 dolar AS (sekitar Rp 12,3 juta), hadir dalam dua ukuran yaitu 6,1 inci dan 6,7 inci untuk model Plus. Ponsel ini didukung oleh chip A18 baru, yang menampilkan neural engine 16-core yang dirancang untuk tugas-tugas yang terkait dengan AI dan Apple Intelligence.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan tombol aksi yang dapat disesuaikan, memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai fungsi seperti merekam memo suara, mengidentifikasi lagu, dan menerjemahkan frasa. Apple juga meluncurkan model iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max dengan chip A18 Pro yang lebih canggih. Kemampuan AI pada ponsel ini termasuk memberikan saran tentang bagaimana cara terbaik untuk mengatur sesi foto. Ponsel ini juga akan menawarkan kualitas perekaman video yang lebih canggih dan fitur audio mixing untuk menyempurnakan hasil rekaman video.

IPhone 16 Pro akan dijual dengan harga mulai dari 999 dolar AS (sekitar Rp 15,4 juta) dan 16 Pro Max dengan harga 1.199 dolar AS (sekitar Rp 18,5 juta).

Pembaruan Apple Watch

Apple Watch Series 10 juga menjadi sorotan dalam acara ini. Jam tangan pintar terbaru ini dijual mulai dari 399 dolar AS (Rp 6,1 juta), dan diklaim sebagai jam tangan Apple tertipis dan memiliki kemampuan pengisian daya tercepat.

Seri 10 ditenagai oleh chip S10 baru Apple, dilengkapi dengan neural engine four-core yang mendukung berbagai aktivitas pembelajaran mesin. Beberapa fitur utama dari seri ini termasuk fungsi double tap untuk navigasi perangkat, dikte melalui Siri, serta deteksi kecelakaan dan jatuh.

Apple juga menyoroti fitur-fitur yang berhubungan dengan kesehatan pada jam tangannya, seperti deteksi sleep apnea. Jam tangan ini akan memantau metrik baru selama tidur yang disebut gangguan pernapasan dan akan memberitahu pengguna jika mereka menunjukkan gejala sleep apnea.

Model AirPods terbaru

AirPods 4 Apple, yang ditenagai oleh chip H2 kustom, dijual mulai dari 129 dolar AS (sekitar Rp 1,9 juta). Dengan kualitas audio yang lebih baik dan audio spasial yang dipersonalisasi, AirPods ini diklaim akan membawa pengalaman mendengarkan yang lebih optimal.

Pengguna juga dapat berinteraksi dengan Siri saat menggunakan AirPods, dengan menganggukkan kepala untuk menjawab “ya” atau menggelengkan kepala untuk “tidak” saat merespons pengumuman dari Siri. Charging case AirPods 4 juga dilengkapi dengan port USB-C.

Perusahaan juga mengatakan bahwa AirPods Pro 2 sekarang dapat diubah menjadi alat bantu dengar yang dipersonalisasi melalui pembaruan perangkat lunak yang akan datang. Fitur ini memungkinkan peningkatan suara secara real time.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement