Kamis 05 Sep 2024 08:50 WIB

Huawei Dikabarkan Bakal Rilis Ponsel Lipat Tiga Pertamanya, Buat Saingi iPhone 16?

Huawei dikabarkan merilis ponsel lipat tiga pertamanya setelah peluncuran iPhone 16.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu produk Huawei dengan layar lipat (ilustrasi). Huawei dikabarkan akan merilis produk ponsel lipat tiga pertamanya, hanya berselang beberapa jam setelah iPhone merilis lineup iPhone 16.
Foto: huawei.com
Salah satu produk Huawei dengan layar lipat (ilustrasi). Huawei dikabarkan akan merilis produk ponsel lipat tiga pertamanya, hanya berselang beberapa jam setelah iPhone merilis lineup iPhone 16.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Huawei tampaknya sedang bersiap untuk meluncurkan ponsel lipat tiga pertamanya, sebuah inovasi terbaru yang memungkinkan ponsel dilipat lebih dari satu kali. Perusahaan ini dilaporkan bakal menggelar acara peluncuran hanya beberapa jam setelah Apple merilis lineup iPhone 16, dalam upaya untuk mengalihkan perhatian publik dari pesaingnya tersebut.

Langkah ini dianggap sebagai terobosan besar karena hingga saat ini, desain ponsel lipat masih terbatas pada model book style dan flip phone yang sudah ada selama lima tahun terakhir. Meskipun ponsel lipat tiga telah muncul dalam kerangka konsep dari berbagai perusahaan, termasuk Samsung, namun belum ada produk yang benar-benar dipasarkan. Dengan engsel yang bisa dilipat di dua tempat, ponsel ini akan menawarkan tiga layar dalam satu perangkat, namun manfaat pastinya masih belum bisa dipastikan.

Baca Juga

Huawei belum mengonfirmasi perangkat mana yang akan diluncurkan di acara tersebut, namun banyak spekulasi bahwa ponsel lipat tiga akan menjadi sorotan utama. Terlebih baru-baru ini, dalam unggahan di media sosial dari akun WHYLAB, ketua grup bisnis konsumen Huawei, Richard Yu, terlihat sedang menggunakan ponsel lipat tiga.

Huawei juga telah memberikan petunjuk tentang perangkat barunya di situs Weibo dengan nama Huawei Mate XT Ultimate Design, yang banyak diasumsikan sebagai ponsel lipat tiga. Seri Mate, yang merupakan salah satu lini flagship Huawei, biasanya menyasar pengadopsi awal. Ponsel lipat pertama mereka, Mate X pada 2019, juga diluncurkan di bawah merek ini, sehingga menambah spekulasi bahwa perangkat Mate XT Ultimate Design yang misterius itu memang bisa saja menjadi ponsel lipat tiga.

Acara Huawei akan berlangsung di Beijing pada Selasa, 10 September pukul 2:30 siang waktu setempat. Sementara itu, acara Apple, yang dijuluki "Glowtime" akan digelar di Apple Park AS pada Senin, 9 September, pukul 10 pagi waktu setempat.

Seorang analis berpendapat bahwa peluncuran ponsel lipat tiga hampir dipastikan bakal terjadi. Abhilash Kumar, analis di TechInsights, mengatakan bahwa keputusan strategis Huawei untuk meluncurkan ponsel pintar lipat tiga segera setelah peluncuran Apple menunjukkan langkah yang sangat cerdas dan terencana.

"Jeda waktu yang lebih lama antara kedua peluncuran tersebut dapat mengakibatkan sejumlah besar konsumen memilih seri iPhone 16, sehingga kecil kemungkinan mereka untuk mempertimbangkan perangkat lipat tiga Huawei,” kata Kumar seperti dilansir CNET, Kamis (5/9/2024).

Menurut Kumar, pada kuartal ketiga, Apple biasanya mengalami lonjakan penjualan karena peluncuran produk baru, yang mengakibatkan peningkatan signifikan dalam pangsa pasarnya di Tiongkok. Mate XT kemungkinan akan dirilis perdana di negara asal Huawei, China. Namun tetap menarik untuk melihat bagaimana ponsel yang benar-benar baru ini menyaingi ponsel lipat yang sudah dikenal seperti Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Google Pixel 9 Pro Fold.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement