Rabu 28 Aug 2024 15:57 WIB

Fenomena Orang Tua Digital di China, ‘Obat’ Bagi Anak Broken Home?

Akun orang tua digital memberikan perhatian kepada anak yang kekurangan kasih sayang.

Orang tua digital (ilustrasi). Akun media sosial orang tua digital muncul di China dan digunakan anak-anak yang kekurangan cinta dari keluarga.
Foto: Dok Freepik
Orang tua digital (ilustrasi). Akun media sosial orang tua digital muncul di China dan digunakan anak-anak yang kekurangan cinta dari keluarga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fenomena unik muncul di tengah pesatnya perkembangan teknologi di China. Anak-anak muda yang berasal dari keluarga broken home atau kekurangan cinta dari orang tua mencari kehangatan keluarga melalui jasa orang tua digital.

Platform online di China ada yang menawarkan layanan unik, di mana sekelompok akun media sosial bertindak sebagai sukarelawan "orang tua digital". Dilansir laman South China Morning Post, akun Douyin menggunakan nama @Henverfenxiangrichang, yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai "berbagi kehidupan sehari-hari dengan anak perempuan", telah mengumpulkan 1,2 juta pengikut dalam waktu kurang dari enam bulan. Dalam berbagai video, pasangan paruh baya terlihat tersenyum membagikan aktivitas sehari-hari mereka dan memberi tahu pengikut mereka (yang mereka sebut sebagai anak perempuan dan laki-laki) untuk tidak khawatir dan tetap bahagia dan sehat.

Baca Juga

Pada satu kesempatan, mereka membayangkan anak-anak mereka merasa tidak bahagia tentang sekolah atau pekerjaan mereka dan mencoba mendorong mereka dengan memberikan semangat, atau berpura-pura telah mentransfer uang kepada mereka untuk meyakinkan mereka.

Video-video itu tampak tidak lebih dari panggilan video biasa antara orang tua dan anak-anak. Namun hal ini menarik banyak orang untuk berinteraksi dengan akun tersebut di kolom komentar.

Satu orang berkata kepada orang tua digital: "Ayah, ibu, saya berusia 18 tahun hari ini".

Yang lain memberi tahu mereka bahwa dia baru saja diajak oleh seorang anak laki-laki, sementara yang lain mengeluh kepada mereka tentang orang tua mereka di kehidupan nyata, yang mereka sebut sebagai "orang tua sepupu" sambil memanggil orang tua digital "ibu dan ayah".

Seorang mahasiswa yang menggunakan nama Xiaofu, mengatakan kepada outlet media Sina News bahwa dia kecanduan akun tersebut. "Akun tersebut mengajarkan saya sesuatu yang seharusnya diajarkan orang tua saya, dan memberi tahu saya sesuatu yang ingin saya dengar dari orang tua saya," ujarnya.

Xiaofu menyebut, dia dulu mengalami kekerasan yang dilakukan ayahnya. Menurut laporan Unicef 2018 tentang China, 26,6 persen anak-anak di bawah 18 tahun menderita pelecehan fisik, 19,6 persen pelecehan emosional, dan 26 persen pengabaian orang tua.

Protagonis video tersebut adalah pasangan berusia 50-an dari Provinsi Shaanxi di barat laut China. Mereka dulu menjalankan studio fotografi pernikahan, dan sekarang hidup dari iklan dan penjualan e-commerce di Douyin.

Mereka hanyalah salah satu dari banyak akun media sosial yang muncul yang beroperasi sebagai orang tua digital. Yang lainnya adalah akun Xiaohongshu, @Xiaolinmama, yang mengajar pekerjaan rumah tangga dan menyebut dirinya "ibu".

"Ayah digital" terkenal lainnya adalah akun Xiaohongshu, @Shiyueershiqiri. Dia mengeklaim sebagai ayah tunggal paruh baya dari seorang gadis sekolah menengah, dan memposting banyak detail tentang bagaimana dia menghormati kebiasaan dan pilihan hidup putrinya, menggerakkan banyak orang secara online. Namun beberapa waktu lalu akun itu menghilang dalam semalam tanpa alasan yang jelas.

Beberapa orang berspekulasi bahwa persona dan ceritanya dibuat-buat, dan orang di balik akun itu takut ketenaran itu dapat menyebabkan masalah bagi mereka. Di media sosial, banyak orang juga berkumpul dengan "orang tua digital" untuk mencari saran dan kenyamanan. Beberapa poster mengatakan bahwa mereka tidak merasa cukup dekat dengan orang tua mereka, sementara yang lain mengatakan mereka tidak ingin orang tua mereka mengkhawatirkan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement