Selasa 20 Aug 2024 16:52 WIB

Miris! Warganet Indonesia Komentar Rasis di IG Beauty Influencer Sudan Nyadollie

Beauty influencer Nyadollie mendapat komentar rasis karena warna kulitnya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Beauty influencer asal Sudan, Nyadollie. Nyadollie mendapat komentar rasis dari warganet Indonesia.
Foto: Dok. Instagram/@nyadolliee
Beauty influencer asal Sudan, Nyadollie. Nyadollie mendapat komentar rasis dari warganet Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Beauty influencer asal Sudan, Nyadollie Deng, baru-baru ini menghadapi gelombang komentar rasis di media sosial setelah mengunggah tutorial make up di Instagram dan TikTok. Dalam sebuah video, Nyadollie dengan percaya diri mencoba blush on berwarna pink dari Huda Beauty.

Namun, alih-alih mendapatkan dukungan, dia justru menjadi sasaran serangan ujaran kebencian yang menyinggung warna kulitnya yang gelap. Berbagai komentar bernada rasis memenuhi kolom komentarnya, termasuk dari warganet Indonesia.

Baca Juga

Item gak tu bray,” demikian komentar akun @yud** di akun Instagram Nyadollie, dikutip Selasa (20/8/2024).

Unggahan Nyadollie yang juga diunggah di TikTok juga banyak dikomentari warganet Indonesia. Salah satu warganet bahkan menyebut Nyadollie beraura Maghrib. Aura Maghrib sendiri merupakan istilah slang terbaru untuk menggambarkan warna kulit yang gelap atau tidak cerah.

“Maghrib banget lagi,” kata akun @Ann** menuliskan komentar di akun TikTok Nyadollie.

“Bukan Maghrib lagi, Tahajud ini,” balas akun @riz**.

Ujaran rasis tersebut tidak hanya datang dari warganet Indonesia, namun juga dari berbagai negara. Di Instagram seorang pengguna dengan akun @gour** menulis “She is more darker than my life (Dia lebih gelap dari hidupku)”.

Warganet lain dengan akun @pcych** juga menuliskan komentar yang terkesan mencibir hasil make up Nyadollie dengan mengatakan, “Nothing works on you”.

Akibat dari banyaknya komentar rasis tersebut, Nyadollie kini menonaktifkan kolom komentar di TikTok dan membatasi komentar di Instagram. Kasus ini mencerminkan betapa banyak orang yang masih terkungkung pada standar cantik yang tidak masuk akal dan tidak inklusif.

Sebagai informasi, Nyadollie merupakan beauty influencer asal Sudan yang aktif membagikan tutorial make up bagi pemilik kulit gelap. Video-videonya terutama mempromosikan rekomendasi merek kosmetik untuk orang-orang berkulit gelap dan tutorial cara mengaplikasikannya. Mulai mengunggah konten pada Januari 2023, kini Nyadollie memiliki pengikut sebanyak 583 ribu di Instagram, dan 3 juta followers di TikTok.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement