Kamis 15 Aug 2024 10:17 WIB

Mulan Jameela: Emang dengan Pakai Jilbab Ganggu Proses Pengibaran Bendera?

Penyanyi Mulan Jameela ikut berkomentar soal kabar pencopotan jilbab Paskibraka 2024.

Penyanyi sekaligus anggota Komisi VII DPR-RI dari Partai Gerindra, Mulan Jameela. Mulan ikut berkomentar tentang pencopotan jilbab anggota Paskibraka 2024.
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Penyanyi sekaligus anggota Komisi VII DPR-RI dari Partai Gerindra, Mulan Jameela. Mulan ikut berkomentar tentang pencopotan jilbab anggota Paskibraka 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi sekaligus anggota Komisi VII DPR-RI dari Partai Gerindra, Mulan Jameela, ikut bersuara tentang pencopotan jilbab anggota Paskibraka 2024. Mulan mengatakan setiap warga negara dilindungi hukum untuk melaksakan ibadah sesuai agamanya.

"Emang dengan memakai hijab/jilbab itu akan mengganggu proses pengibaran bendera?," tulis Mulan dalam akun Instagram pribadinya dikutip pada Kamis (15/8/2024).

Baca Juga

Dia ikut heran mengapa hal itu sampai terjadi dan bertanya-tanya mengenai alasannya. "Kira-kira alasan apa yang cukup masuk akal terjadinya hal ini? Apakah ini sesuai dengan sila ke 1 Pancasila?? Ironisnya, hal ini terjadi di negara dengan jumlah Muslim terbanyak," kata dia.

Mulan kemudian bersyukur karena mendapat informasi bahwa Paskibraka Muslimah yang sebelumnya mencopot jilbab, sudah diperbolehkan menggunakan jilbab lagi. "Dapat kabar (di komen) kalo akhirnya sudah diperbolehkan menggunakan hijab lagi. (Aamiin semoga benar ya karena masih simpang siur," ujar Mulan.

Dia berharap kejadian ini menjadi catatan bersama agar ke depannya tidak terulang lagi. "Mohon jangan terjadi hal-hal seperti ini lagi. Menunggu reaksi masyarakat yang bergejolak, baru diperbolehkan lagi," kata Mulan.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 18 perwakilan Paskibraka 2024 perempuan dari 18 provinsi terpaksa mencopot jilbab. Dalam foto-foto yang didapatkan Republika.co.id, 18 Paskibraka perempuan tersebut memang kesehariannya memakai jilbab.

Namun, saat pengukuhan, mereka harus mencopot jilbabnya. Hal itu terlihat dari foto-foto yang dibagikan pihak Istana kala Presiden Jokowi beserta sejumlah menteri plus Kepala BPIP Yudian Wahyudi di Istana IKN, Selasa (14/8/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement