Senin 12 Aug 2024 16:42 WIB

Situs Web Cartoon Network Ditutup, Tayangan Animasi Makin Dipangkas?

Penutupan cartoonnetwork.com dinilai sebagai langkah penghematan biaya.

Cartoon Network. Situs web animasi Cartoon Network dilaporkan resmi ditutup.
Foto: Cartoon Network
Cartoon Network. Situs web animasi Cartoon Network dilaporkan resmi ditutup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Situs web animasi Cartoon Network dilaporkan resmi ditutup. Bagi yang ingin menonton tayangan di Cartoon Network diarahkan ke layanan streaming berlangganan, Max. Situs web Cartoon Network menjadi tuan rumah bagi klip, episode lengkap, dari acara favorit seperti "Adventure Time", "The Amazing World of Gumball", dan "Teen Titans Go!".

Warner Bros Discovery menutup situs tersebut di tengah kerugian sekitar 10 miliar dolar AS pada kuartal lalu, yang menandai langkah pemangkasan biaya terbarunya di bidang animasi. Hanya sepekan setelah mengumumkan penutupan layanan streaming kartun klasik Boomerang, Warner Bros Discovery sekali lagi memangkas arsip animasinya.

Baca Juga

"Mencari episode acara Cartoon Network favorit Anda? Lihat apa saja yang tersedia untuk streaming di Max (diperlukan langganan)," demikian bunyi pop-up sebelum membawa pemirsa ke katalog animasi streamer tersebut dikutip dari laman Collider pada Senin (12/8/2024).

"Daftar ke Max, tempat Anda juga dapat membuat profil anak-anak dengan batasan peringkat dan perlindungan privasi tambahan agar tetap menyenangkan dan ramah anak. Pelanggan kabel, terus nikmati program CN favorit Anda di TV dan aplikasi yang terhubung juga!," tulis pernyataan di situs web. Saat semua episode kini terkunci di balik layanan langganan, bagian akhir situs tampaknya tidak memperhitungkan hilangnya permainan gratis, yang berarti kini tidak ada cara untuk mengaksesnya atau konten lain yang eksklusif untuk situs tersebut.

Sulit untuk tidak melihat korelasi antara penutupan baru-baru ini dan laporan laba yang buruk dari Warner Bros Discovery yang membuat konglomerat media tersebut menderita kerugian bersih kuartalan sekitar 10 miliar dolar AS. Itu termasuk penurunan nilai 9,1 miliar dolar AS yang mengakomodasi kerugian nilai jaringan kabelnya.

Penutupan cartoonnetwork.com dinilai sebagai langkah penghematan biaya dan cara untuk menarik lebih banyak pelanggan ke Max. Ini bukan hal baru bagi raksasa media, karena Paramount, yang sekarang akan bergabung dengan Skydance, juga baru-baru ini menutup situs berita MTV dan arsipnya sambil menghapus konten dari arsip CMT sebagai bagian dari rencana yang lebih besar untuk mengurangi biaya. Namun, langkah tersebut menimbulkan pertanyaan tentang apakah pemotongan lebih lanjut di area lain dari kerajaan media Warner Bros Discovery sedang berlangsung, karena perusahaan tersebut juga menjadi tuan rumah situs untuk TNT, TBS, HGTV, dan banyak lagi.

Warner Bros Discovery terus memangkas animasi

Di bawah rezim David Zaslav, perusahaan tersebut telah berjuang untuk mencapai profitabilitas, meskipun terlalu sering animasi menjadi satu-satunya yang menderita karena usahanya. Setelah penggabungan besar perusahaan tersebut pada 2022, lebih dari 30 judul animasi dihapus dari HBO Max saat itu, dengan "Scoob! Holiday Haunt" yang telah selesai juga disimpan secara permanen.

Cartoon Network sendiri juga dirombak besar-besaran setelah konsolidasi dengan Warner Bros Animation. Namun, contoh yang paling mengerikan adalah Coyote vs. Acme, film animasi live-action gabungan Looney Tunes yang, meskipun telah diuji dengan baik dan mendapatkan cap persetujuan dari kreator lain di industri ini, tidak akan pernah dirilis karena malah dibatalkan karena pengurangan pajak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement