Selasa 09 Jul 2024 19:06 WIB

Fakta Army, Fandom Terbesar yang Berperan dalam Karier BTS

Army BTS melampaui para Beliebers saat BTS memenangkan penghargaan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Penggemar BTS atau Army. Tanggal 9 Juli ditandai sebagai Hari Army BTS.
Foto: EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT
Penggemar BTS atau Army. Tanggal 9 Juli ditandai sebagai Hari Army BTS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tanggal 9 Juli ditandai sebagai Hari Army BTS untuk memperingati penggunaan pertama nama “Army” oleh grup tersebut untuk para penggemar mereka. Army merupakan singkatan dari Adorable Representative MC for Youth, dan juga bisa diterjemahkan sebagai tentara (army) dalam bahasa Inggris.

Para member BTS mengatakan peran Army sangat penting dalam karier mereka di industri musik. Dalam sebuah wawancara, V mengatakan Army sangat berharga bagi dirinya.

Baca Juga

“Kami sering mengungkapkan rasa cinta kami, karena Army sangat berharga dan kami selalu berterima kasih kepada mereka. Kami benar-benar mencintai penggemar kami,” kata V seperti dilansir Soompi, Selasa (9/7/2024).

Jin juga mengatakan BTS tidak akan menjadi grup yang besar tanpa dukungan Army. “Kami menjadi diri kami saat ini karena Army. Bahkan sekarang, kami tidak akan dapat mencapai apa yang kami miliki tanpa mereka,” kata Jin.

Dalam rangka Hari Army BTS ini, berikut beberapa fakta unik mengenai Army.

1. Army dibentuk sebulan setelah BTS debut

Supergrup yang dinominasikan Grammy, BTS, memulai debutnya pada 13 Juni 2013. Setelah mengungkapkan nama klub penggemar pada bulan Juli 2013, perekrutan resmi dimulai pada bulan Desember di tahun yang sama.

Belakangan, leader BTS, RM, mengungkapkan bahwa grup ini berada dalam dilema untuk memilih beberapa nama untuk memanggil penggemar mereka. Pilihan lain selain Army adalah "Bang-wools" atau "Bells”.

2. Army jadi fandom terbesar di dunia

Army merupakan fandom terbesar di dunia, karena mereka mengakhiri kelompok Beliebers (penggemar Justin Bieber) yang telah lama berkuasa. Alasan mengapa Army menjadi sangat populer adalah karena perjalanan singkat BTS dalam menjadi grup K-pop pertama yang memenangkan tempat di Billboards 200 Chart.

Army BTS melampaui para Beliebers saat BTS memenangkan penghargaan Top Social Artist Billboard Awards dengan perolehan suara terbesar, yaitu 300 juta suara di seluruh dunia. Sejak saat itu, tidak ada yang bisa menghentikan mereka.

3. Sering berdonasi

Kelompok Army juga terkenal karena sering berdonasi. Tahun lalu misalnya, penggemar dari boy group BTS tersebut berhasil menggalang donasi sebesar Rp 1 miliar untuk disumbangkan ke Palestina. Penggalangan ini diinisiasi oleh akun Instagram @army_indonesia.

Selain itu, Army juga pernah memberikan sumbangan sebesar 1 juta dolar AS (sekitar Rp 16 miliar) kepada organisasi keadilan rasial Black Lives Matter. Sumbangan dari Army ini dikumpulkan hanya dalam waktu 25 jam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement