Jumat 28 Jun 2024 19:44 WIB

Kapan Waktu Terbaik Isi Bensin Mobil? Ini Saran dari Pakar

Pengisian bensin pada kendaraan sebaiknya memperhatikan usia kendaraan.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Petugas mengisi bensin untuk pengendara mobil di Jakarta. (ilustrasi). Pengisian bensin pada kendaraan sebaiknya dilakukan dengan memperhatikan usia kendaraan.
Foto: Republika
Petugas mengisi bensin untuk pengendara mobil di Jakarta. (ilustrasi). Pengisian bensin pada kendaraan sebaiknya dilakukan dengan memperhatikan usia kendaraan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapan waktu terbaik mengisi bensin? Pertanyaan ini mungkin sering muncul di benak para pemilik kendaraan. Banyak yang beranggapan bahwa waktu terbaik untuk mengisi bensin adalah saat indikator menunjukkan bahan bakar hampir habis, menandakan sisa bensin kurang dari setengah tangki. Benarkah demikian?

Pengamat otomotif Yannes Martinus Pasaribu menerangkan bahwa pengisian bensin pada kendaraan sebaiknya dilakukan dengan memperhatikan usia kendaraan. Ada yang berpendapat pengisian bensin sebaiknya dilakukan ketika volume bensin tidak kurang dari setengah tangki agar performa kendaraan bisa maksimal.

Baca Juga

Berkenaan dengan hal itu, Yannes mengatakan secara umum volume bensin di tangki kendaraan tidak memengaruhi performa mesin pada mobil yang usianya tergolong muda. "Secara umum, volume bensin di tangki tidak memengaruhi performa mesin pada mobil-mobil yang berusia masih muda. Mesin modern dirancang untuk bekerja optimal dengan berbagai tingkat pengisian tangki," kata akademisi Institut Teknologi Bandung itu, Jumat (28/6/2024).

Yannes mengatakan, pada mobil-mobil yang berusia tua pengisian bensin sebaiknya dilakukan ketika bahan bakar yang tersisa sudah di bawah setengah tangki. Tindakan yang demikian dimaksudkan agar pompa bahan bakar dapat menyedot endapan partikel dan akumulasi kotoran yang bisa menyebabkan penyumbatan filter bahan bakar dan injektor.

"Secara logis, ruang tangki BBM yang kosong berpotensi untuk terisi udara di daerah seperti Indonesia yang lembap, sehingga berpotensi terjadi kondensasi air di dalam tangki bensin dan korosi pada tangki bensin tersebut," kata Yannes.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement