Ahad 16 Jun 2024 09:40 WIB

Ciput Hijab Bikin Pusing Kepala? Muslimah Sini Kumpul, Ini Solusinya

Rasa pusing kerap timbul saat Muslimah mengenakan ciput hijab.

Manekin dipakaikan ciput dan hijab. Ada beberapa tips agar ciput hijab tidak menimbulkan rasa pusing ketika dipakai Muslimah.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Manekin dipakaikan ciput dan hijab. Ada beberapa tips agar ciput hijab tidak menimbulkan rasa pusing ketika dipakai Muslimah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu elemen penting dalam pemakaian hijab adalah ciput atau "dalaman" hijab. Ciput tidak hanya berfungsi untuk menjaga agar hijab tetap pada tempatnya, tetapi juga memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Namun, banyak Muslimah sering mengeluhkan rasa pusing saat mengenakan ciput. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips dalam memilih dan memakai ciput hijab agar tidak menimbulkan rasa pusing di kepala:

Baca Juga

1. Pilih bahan yang tepat

Bahan ciput sangat memengaruhi kenyamanan dan kesehatan kulit kepala Anda. Pilihlah ciput yang terbuat dari bahan yang lembut, breathable, dan ringan, seperti katun atau spandek. Bahan ini tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga membantu menyerap keringat sehingga kulit kepala tetap kering dan tidak terasa pengap.

 

2. Perhatikan ukuran yang pas

Ukuran ciput harus sesuai dengan ukuran kepala Anda. Ciput yang terlalu ketat dapat menghambat aliran darah di kepala dan menimbulkan rasa pusing. Sebaliknya, ciput yang terlalu longgar tidak akan mampu menahan hijab dengan baik. Carilah ciput yang pas di kepala, tidak terlalu ketat namun tetap stabil.

3. Hindari pemakaian terlalu lama

Mengenakan ciput dalam waktu yang terlalu lama, terutama jika ketat, dapat menyebabkan kepala terasa pusing. Usahakan untuk memberikan waktu istirahat pada kulit kepala Anda dengan melepas ciput beberapa saat jika memungkinkan. Hal ini dapat membantu aliran darah kembali lancar dan kulit kepala bernapas.

4. Model ciput yang nyaman

Pilih model ciput yang tidak memiliki banyak lapisan tebal atau hiasan yang dapat memberikan tekanan berlebih pada kepala. Model ciput ninja atau bandana yang sederhana kerap menjadi pilihan favorit karena memberikan kenyamanan lebih tanpa terlalu banyak tekanan di kepala.

5. Ciput dengan pengaturan elastis

Beberapa ciput dilengkapi dengan pengaturan elastis di bagian belakang atau samping, yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tingkat kekencangannya. Pilihan ini sangat baik untuk menghindari rasa pusing karena Anda bisa mengatur ukuran sesuai kebutuhan.

6. Kebersihan ciput

Cucilah ciput secara teratur untuk menghindari penumpukan kotoran dan keringat yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan iritasi. Penggunaan ciput yang bersih akan meningkatkan kenyamanan dan mengurangi risiko masalah kulit kepala.

7. Pemilihan warna dan desain

Walaupun aspek praktis menjadi prioritas, jangan lupakan estetika dalam memilih ciput. Pemilihan warna dan desain yang sesuai dengan gaya pribadi dapat menambah kepercayaan diri. Pilihlah warna yang netral atau sesuai dengan koleksi hijab Anda agar dapat mudah dipadu padankan.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, diharapkan ciput dapat memberikan kenyamanan maksimal bagi para Muslimah sehingga tidak ada lagi keluhan pusing yang mengganggu. 

*Artikel ini dibuat oleh AI dan telah diverifikasi Tim Redaksi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement