Selasa 14 May 2024 15:02 WIB

Ariana Grande Teken Petisi Artists4Ceasefire di Tengah Gerakan Block Out

Gerakan blockout2024 memboikot artis yang hadir di Met Gala, tak peduli Palestina.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Ariana Grande menandatangani petisi Artists Call for Ceasefire.
Foto: EPA
Penyanyi Ariana Grande menandatangani petisi Artists Call for Ceasefire.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Ariana Grande akhirnya mencantumkan namanya dalam deretan artis yang tergabung dalam Artists4Ceasefire. Pada 12 Mei, nama Grande tercantum sebagai penandatangan surat terbuka yang menjadi petisi untuk Presiden AS Joe Biden.

Selain Grande, Dua Lipa dan Drake juga telah menandatangani surat desakan untuk segera melakukan gencatan senjata di Gaza tersebut. Wilyah Gaza terkepung dan mengalami genosida yang dinilai mengerikan bagi kemanusiaan.

Baca Juga

Surat terbuka itu merupakan petisi dari Artists4Ceasefire. Menurut situs webnya, ini merupakan kumpulan seniman dan advokat yang bersatu dalam menanggapi krisis kemanusiaan yang terjadi di Israel dan Palestina.

Mereka menyerukan gencatan senjata segera dan jangka panjang, pengembalian sandera dengan aman, dan pengiriman bantuan kemanusiaan segera kepada warga sipil Gaza. Sejumlah selebritas termasuk model berdarah Palestina Bella Hadid, turut menyuarakan aspirasinya di media sosial.

 

Bella bersuara untuk meningkatkan kesadaran tentang genosida di Gaza dan menyerukan ajakan donasi di halaman Instagram-nya. Demikian pula, rapper "Thrift Shop" Macklemore telah merilis sebuah lagu berjudul "Hind's Hall" yang seluruh pendapatannya akan disumbangkan ke Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Near East.

 

Namun, beberapa selebritas, seperti Kim Kardashian, Taylor Swift, dan Justin Bieber, mendapat kritik karena tidak mendukung tujuan tersebut. Beberapa di antaranya bahkan diboikot dan mengalami penurunan followers di media sosial.

Mereka yang dikiritik termasuk dalam sasaran gerakan media sosial yang disebut "blockout2024", dengan maksud memblokir para selebritas tersebut. Gerakan ini mendapatkan momentumnya setelah Met Gala, di mana para selebritas dikabarkan menghabiskan lebih dari 75 ribu dolar AS untuk membeli tiket.

Kim Kardashian dilaporkan kehilangan lebih dari 50 ribu followers dalam waktu dua jam setelah gerakan tersebut dimulai. Di tengah reaksi keras terhadap Met Gala, sejumlah selebritas ikut masuk dalam daftar "Artists Call for Ceasefire" yang mendukung gencatan senjata.

Daftar itu antara lain, Andrew Garfield, Ariana Grande, Ben Affleck, Bradley Cooper, Channing Tatum, Drake, Dua Lipa, Florence Pugh, Frank Ocean , Gigi Hadid, Jennifer Lopez, Jeremy Allen White, Joaquin Phoenix, Macklemore, Rachel McAdams, Tom Hardy, dan Zayn Malik.

Israel telah membunuh lebih dari 35 ribu warga Palestina dan melukai sedikitnya 77 ribu orang. Angka tersebut terhitung sejak serangan Hamas 7 Oktober 2023 yang diklaim mengakibatkan kematian 1.200 warga Israel dan penyanderaan sekitar 250 orang.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement