Sabtu 04 May 2024 00:04 WIB

Virus Cacar Monyet Bermutasi di Kongo, Jadi Lebih Menular, Lesi Terkonsentrasi di Genital

Kongo masih bergelut dengan wabah mpox yang sulit untuk dikendalikan.

Penyakit cacar monyet atau monkeypox. Terinfeksi jenis virus baru, pasien di Kongo kini menderita lesi yang lebih terkonsentrasi di area genital.
Foto:

Menurut dr Mbala-Kingebeni, lesi yang lebih ringan dan lokasi lesi yang tertutup membuat mpox jadi lebih sulit untuk terdiagnosis. Situasi ini mendorong terjadinya penyebaran mpox yang senyap dan sulit terdeteksi.

Dokter Mbala-Kingebeni menyebut, sebagian besar kasus mpox yang terjadi di Congo saat ini ditularkan melalui hubungan seksual dengan orang terinfeksi. Selain itu, sekitar sepertiga kasus mpox dialami oleh pekerja seks komersial.

photo
Beda cacar monyet dan cacar air. - (Republika)

"Risikonya adalah kita akan menghadapi transmisi (mpox) yang senyap dan tak ada seorang pun yang akan tahu, kecuali pasien itu sendiri yang muncul ke muka," ujar dr Mbala-Kingebeni.

Penularan mpox melalui hubungan seksual baru menjadi sorotan setelah wabah mpox merebak di sejumlah negara pada 2022. Kala itu, peneliti menyatakan bahwa mpox merebak lewat hubungan atau kontak seksual. Akan tetapi, WHO baru mengonfirmasi bahwa mpox bisa bertransmisi melalui hubungan seksual pada November lalu di Congo untuk pertama kalinya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement